Stylus VR dari Logitech, Logitech MX Ink. (Foto: Logitech)

Logitech Luncurkan Stylus MX Ink untuk Perangkat VR Meta Quest

Teknologi 18 Jun 2024

Bagi para seniman digital, perangkat tambahan seperti pentab merupakan hal yang wajib dimiliki. Namun, bagi sebagian pengguna, membeli stylus untuk dipakai di gawai mereka, seperti ponsel misalnya, sudah memenuhi kebutuhan corat-coret digital pada kanvas.

Dengan maraknya perangkat virtual reality atau VR seperti Meta Quest, salah satu aksesoris yang sangat dinantikan ialah stylus untuk mereka melukiskan ide-ide pada kanvas VR tersebut.

Peluncuran stylus terbaru dari Logitech, dengan Logitech MX Ink seakan menjawab keluhan sebagian pengguna VR.

Mendukung Meta Quest 2 dan 3

Melansir dari UploadVR pada Minggu (16/6), MX Ink yang nantinya akan mendukung perangkat VR Meta Quest 2 dan Quest 3 ini merupakan perangkat pihak ketiga pertama yang mendapatkan dukungan untuk headset VR Oculus atau seri Meta Quest.

Stylus Logitech MX Ink ini didesain agar pengguna dapat menggambar 2D pada permukaan fisik dengan ujung tip pressure-sensitive, serta bentuk 3D dengan fitur tracking 6DoF melalui kamera yang terdapat pada headset VR, tombol berbeda, serta dukungan haptic feedback.

Dengan berbagai fitur tersebut, pengguna tidak perlu pusing untuk menyambungkan stylus MX Ink ini ke headset VR mereka, tanpa perlu memutuskan sambungan kontroler Touch, dimana hal ini menjadi yang pertama dalam lini Quest untuk memasangkan 3 kontroler sekaligus, dan pengguna dapat dengan cepat berganti dari kontroler Touch dan MX Ink ini secara seamless.

Berbagai Kustomisasi Layaknya Stylus Biasa

Meta juga memberikan tutorial singkat saat pengguna memasangkan stylus ini untuk pertama kalinya, dimana nantinya pengguna dapat mengatur pressure curve dari ujung stylus MX Ink dan tombol utama, hingga waktu double-tap.

MX Ink ini dibekali dengan port USB-C untuk mengisi ulang baterainya, kedepannya Logitech akan menjual dock untuk stylus ini bernama MX Inkwell, agar pengguna tidak perlu repot mengecasnya.

https://www.uploadvr.com/content/images/size/w1000/2024/06/MX-Ink_MX-Inkwell_2-3.png
MX Inkwell (Foto: Logitech)

Perusahaan ini juga akan menawarkan alas dengan "tekstur halus yang cocok dipasangkan dengan ujung pena" untuk kreativitas 2D yang bernama MX Mat.

Tinta MX akan didukung dalam aplikasi Quest berikut ini:

  • Gravity Sketch
  • PaintingVR
  • Arkio
  • Engage
  • OpenBrush
  • Gesture VR, dan
  • ShapesXR

Selain itu, pena MX Ink ini nantinya akan didukung pada Adobe Substance Modeler dan Elucis by RealizeMedical, yang dapat digunakan via aplikasi Quest Link / Air Link.

Logitech akan segera menyediakan SDK bagi para pengembang lain untuk mengintegrasikannya ke berbagai aplikasi.

Logitech MX Ink akan diluncurkan pada akhir September, dengan harga $130 (sekitar Rp2,1 Juta), sedangkan banderol dock MX Inkwell dan MX Mat belum diumumkan lebih lanjut.

https://resource.logitech.com/w_1600,c_limit,q_auto,f_auto,dpr_1.0/d_transparent.gif/content/dam/logitech/en/products/vr/mx-mat/mx-mat-02.png?v=1
Perangkat Logitech untuk VR, MX Ink, MX Mat dan MX Inkwell (Foto: Logitech)

MX Ink ini merupakan stylus XR kedua dari Logitech. Di tahun 2019 lalu, mereka meluncurkan VR Ink untuk PC VR, namun membutuhkan base station SteamVR Tracking dan dibanderol dengan harga $750 (sekitar Rp10,8 Juta - kurs 2019).

Apple dilaporkan telah menguji dukungan Apple Pencil Pro untuk Vision Pro, dan jika itu terjadi, itu bisa menjadi aksesori yang sempurna untuk headset. Tapi kecuali itu terjadi sebelum akhir September, sepertinya Meta akan lebih dulu sampai di sana melalui kemitraan dengan Logitech.

Translated with DeepL.com (free version)

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.