Tampilan Situs "Elaelo" (Foto: Jawa Pos)

Media Sosial Lokal "Elaelo" Bikin Gempar, Ini Tanggapan Kominfo!

Teknologi 19 Jun 2024

Beberapa waktu lalu, warganet gempar dengan informasi yang diberikan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang menyatakan bahwa Kominfo akan memblokir X (Twitter).

Hal itu terjadi disebabkan oleh kebijakan baru yang dibuat oleh Elon Musk untuk memperbolehkan postingan dengan konten pornografi di X. Tak lama setelah informasi tersebut datang dari Kominfo, muncul sebuah situs aplikasi dengan nama "Elaelo" yang disebut-sebut sebagai media sosial lokal pengganti X.

Banyak rumor tersebar di kalangan warganet berkaitan dengan "Elaelo" bahwa situs media sosial tersebut merupakan buatan dari Kominfo. Rumor tersebut beredar karena terdapat tagline "Under Construction by Kominfo" dalam situsnya.

Pengakuan Kominfo

Menanggapi hal tersebut, Kominfo memberikan pernyataan tegas bahwa situs "Elaelo" bukan buatan dari Kominfo. Melansir dari Tempo, Rabu (19/6), Budi Arie Setiadi selaku Menteri Kominfo meluruskan bahwa pemerintah belum memiliki rencana untuk membuat aplikasi pengganti X.

Kominfo menyebut situs "Elaelo" merupakan situs yang dikembangkan oleh Kominfo sebagai informasi palsu atau hoaks. Namun, belum ada informasi lebih lanjut mengenai penutupan aplikasi "Elaelo" tersebut oleh Kominfo.

Aksi Warganet Terhadap Media Sosial Lokal "Elaelo"

Munculnya situs "Elaelo" sebagai media sosial lokal membuat warganet gempar dan berbondong-bondong menyuarakan kritik serta ketidakpuasannya terhadap "Elaelo". Tak sedikit warganet yang berupaya mencari tahu tentang pihak yang mengembangkan situs ini.

Bahkan beberapa warganet mencoba untuk masuk ke situs tersebut, namun masih banyak kekurangan dan kejanggalan pada "Elaelo". Warganet turut curiga dengan keamanan data pribadi serta penggunaan cookie yang tidak memiliki opsi tolak, dan banyak kejanggalan lainnya.

"Elaelo" Cabut Label Kominfo

Tampilan Situs "Elaelo" Sebelum Pernyataan dari Kominfo (Foto: CNBC Indonesia)

Seusai pernyataan bahwa "Elaelo" bukan buatan dari Kominfo, "Elaelo" mengganti mengganti label "Under Construction by Kominfo" menjadi "Under Constuction by Democracy Fighters".

Tampilan Situs "Elaelo" Setelah Pernyataan dari Kominfo (Foto: Situs Elaelo)

Hingga saat ini, situs "Elaelo" hanya menampilkan logo Garuda Pancasila disertai dengan kalimat "Ela Elo Is Coming, Big Features Will Be Ready".

Tag