Demonstrasi Apple Intelligence (Foto: apple.com).

Mengenal Apple Intelligence, Sistem Kecerdasan Personal Apple

Teknologi 11 Jun 2024

Apple secara resmi memperkenalkan Apple Intelligence, sistem kecerdasan personal terbaru yang terintegrasi ke dalam iPhone, iPad, dan Mac, Senin (10/6) pada acara "Apple Worldwide Developers' Conference" yang diselenggarakan di Cupertino, AS.

Apple Intelligence akan hadir di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia, memanfaatkan kekuatan Apple Silicon. Dengan menggabungkan model generatif canggih dan konteks personal, teknologi tersebut mampu memahami dan menciptakan tulisan dan gambar serta menyederhanakan tugas sehari-hari.

Berikut rincian mengenai kemampuan Apple Intelligence berdasarkan siaran pers yang terbit Selasa (11/06) ini.

Fitur Utama Apple Intelligence

Kemampuan Bahasa

Apple Intelligence memperkenalkan Alat Penulisan yang memungkinkan pengguna menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks di berbagai aplikasi seperti Mail, Catatan, dan Pages.

Demonstrasi Fitur Transkripsi dan Ringkasan di Catatan (Foto: apple.com)

Fitur Tulis Ulang, Koreksi, dan Ringkasan membantu meningkatkan kepercayaan diri pengguna dalam menulis. Selain itu, Mail kini dilengkapi dengan Pesan Prioritas, Balasan Cerdas, dan ringkasan email yang memudahkan pengelolaan pesan.

Di aplikasi Catatan dan Telepon, pengguna juga dapat merekam, mentranskripsikan, dan meringkas audio secara otomatis.

Selain itu, untuk mendukung sesi belajar dan kerja yang lebih efektif, Apple juga hadirkan fitur Pemberitahuan Prioritas dan Kurangi Gangguan di iOS 18, yang menampilkan notifikasi untuk mengingatkan pengguna untuk tetap fokus.

Image Playground dan Genmoji

Fitur ini memungkinkan pengguna membuat gambar menarik dengan memilih dari berbagai gaya seperti Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa. Image Playground terintegrasi ke dalam aplikasi Pesan, Catatan, Keynote, Freeform, dan Pages, serta tersedia untuk aplikasi pihak ketiga melalui API baru.

Demonstrasi Genmoji Berdasarkan Foto Potret (Foto: apple.com)

Pengguna juga dapat membuat Genmoji orisinal untuk mengekspresikan diri dengan mengetik deskripsi serta menggunakan foto teman dan keluarga. Genmoji dapat dibagikan dalam pesan, sebagai stiker, atau reaksi di Tapback.

Aplikasi Foto Semakin Canggih

Dibekali dengan Apple Intelligence, pengguna dapat memberi 'tugas' yang lebih kompleks dalam aplikasi Foto, seperti mencari foto dengan deskripsi, atau clip momen tertentu dalam sebuah video.

Fitur Memori dalam Foto (Foto: apple.com).

Foto juga memiliki fitur Memori, yang membantu pengguna untuk membuat album foto dan video berdasarkan deskripsi. Tidak hanya itu, Memori juga dapat membuat alur cerita, membuat film kompilasi, dan mendapatkan saran lagu dari Apple Music.

Siri yang Lebih Pintar

Siri kini lebih cerdas dan mengerti konteks. Meskipun pengguna berbicara dengan terbata-bata atau selalu beralih antara teks dan suara, Siri akan mencoba memahami dan merespons permintaan pengguna.

Antarmuka Baru Siri (Foto: apple.com).

Siri dapat melakukan tindakan di berbagai aplikasi Apple dan pihak ketiga, bahkan memperhatikan apa yang sedang terjadi di layar untuk melakukan tindakan sesuai konteks di saat itu. Selain itu, Siri juga dapat memberikan bantuan tentang penggunaan perangkat iPhone, iPad, dan Mac dari mana saja.

Integrasi ChatGPT

Apple juga mengintegrasikan ChatGPT ke dalam iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia, didukung dengan model terbaru yaitu GPT-4o. Pengguna dapat mengakses ChatGPT untuk menulis dan membuat gambar. ChatGPT juga mendukung privasi pengguna dengan menyamarkan alamat IP dan tidak menyimpan permintaan pengguna.

Demonstrasi ChatGPT dalam macOS (Foto: apple.com).

Bagi pengguna Apple, fitur ChatGPT dapat diakses secara gratis tanpa akun, namun pengguna juga dapat hubungkan akun mereka jika telah membayar paket langganan.

Standar Privasi AI

Apple Intelligence mengutamakan privasi pengguna dengan pemrosesan yang sepenuhnya di dalam perangkat atau Komputasi Cloud Pribadi untuk pekerjaan yang lebih kompleks. Data yang diproses di server Apple tidak akan disimpan atau diakses oleh Apple, menjamin privasi yang tinggi.

Ketersediaan

Apple Intelligence akan tersedia dalam versi beta sebagai bagian dari iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia dalam bahasa Inggris (AS) tahun ini. Dukungan bahasa tambahan serta beberapa fitur lainnya akan hadir tahun depan.

Model yang mendukung Apple Intelligence adalah iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Mac dengan chipset M1 dan seterusnya.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.