Logo Meta, Facebook, dan Instagram. (Foto: mashable.com)

Meta Gunakan Konten Instagram dan Facebook untuk Latih Meta AI

Teknologi 3 Jun 2024

Perusahaan teknologi besar seperti Apple dan Google berlomba untuk membuat fitur AI sendiri. Tak ingin kalah, Meta kembangkan Meta AI, yang akan menjadi chatbot tanya jawab serta alat generative AI di media sosial Meta, khususnya Facebook Messenger dan Instagram.

Untuk mengembangkan model AI, dibutuhkan banyak data seperti foto dan video yang dibuat oleh manusia. Meta diketahui menggunakan konten yang diunggah ke Facebook dan Instagram untuk melatih Meta AI.

Hal ini sebelumnya tidak terungkap kepada publik. Namun, undang-undang privasi di Eropa mendorong perusahaan untuk memberitahu pengguna jika menggunakan data pengguna.

Pengumuman Meta AI di Eropa

Menjawab undang-undang tersebut, Meta kirimkan surat elektronik kepada pengguna media sosial Meta di Eropa. Berikut terjemahan isi surat tersebut, mengutip laporan 9to5Mac yang terbit Jumat (31/05) lalu:

Kami memperbarui Kebijakan Privasi seiring memperluas AI di Meta

Hai [nama],

Kami sedang bersiap untuk memperluas pengalaman AI di Meta ke wilayah Anda. AI di Meta adalah kumpulan fitur dan pengalaman AI generatif kami, seperti Meta AI dan alat kreatif AI, beserta model yang mendukungnya.

Apa artinya bagi Anda

Untuk membantu menghadirkan pengalaman ini kepada Anda, kami sekarang akan mengandalkan dasar hukum yang disebut kepentingan sah untuk menggunakan informasi Anda guna mengembangkan dan meningkatkan AI di Meta. Ini berarti Anda berhak menolak cara informasi Anda digunakan untuk tujuan ini. Jika keberatan Anda dihormati, maka hal itu akan diterapkan sejak saat itu.

Kami menyertakan pembaruan dalam Kebijakan Privasi kami untuk mencerminkan perubahan ini. Pembaruan ini mulai berlaku pada 26 Juni 2024.

Terima kasih,
Tim Privasi Meta

Bagi pengguna media sosial Meta di luar Eropa, perlu diperhatikan bahwa saat ini, belum ada opsi untuk mengundurkan diri dari pengambilan data untuk melatih Meta AI.

Penggunaan Meta AI

Dalam fitur chat Instagram dan Facebook Messenger, pengguna dapat menghubungi Meta AI secara langsung atau mention Meta AI dalam percakapan dengan orang lain. Meta AI dapat digunakan untuk tanya jawab (seperti ChatGPT) serta mencari emoji dan stiker.

Selain itu, menurut Help Center di situs resmi Instagram, pengguna juga dapat chat Meta AI untuk membuat gambar dan animasi, serupa dengan Midjourney dan Sora.

Fitur chat dengan Meta AI sudah dapat dicoba bagi pengguna terpilih.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.