Ilustrasi dua karakter utama The Apothecary Diaries (Foto: animetv-jp.net)

Nekokurage, Mangaka 'The Apothecary Diaries' Dinyatakan Bersalah atas Kasus Penggelapan Pajak

Pop Kultur 3 Jun 2024

Pada Jumat (31/5) lalu, Nekokurage selaku mangaka dari serial 'The Apothecary Diaries' (Kusuriya no Hitorigoto) dinyatakan bersalah atas kasus penggelapan pajak.

Keputusan terkait kasus penggelapan pajak yang menjerat Nekokurage ini disampaikan di Pengadilan Distrik Fukuoka atas gugatan dari Biro Perpajakan Wilayah Fukuoka.

Melansir dari animecorner, Nekokurage gagal melaporkan total pendapatannya sejumlah 260 Juta JPY dengan 47 Juta JPY diantaranya merupakan akumulasi pajak yang belum dibayar 2019-2021.

Buntut Permasalahan

Biro Perpajakan Wilayah Fukuoka pertama kali mencurigai kemungkinan adanya tindak penggelapan pajak pendapatan yang dilakukan Nekokurage pada Februari 2024.

Setelah melalui proses penyelidikan, per 1 April 2024, Nekokurage dinyatakan sebagai terdakwa atas kasus penggelapan pajak tersebut.

Melansir dari NHK, alasan Nekokurage tidak melaporkan hasil pendapatan maupun membayarkan pajaknya karena ia memprioritaskan pekerjaannya.

Ia terlalu sibuk menyelesaikan serialnya yang membuat nekokurage tidak punya banyak waktu untuk berkomunikasi dengan akuntan pajak.

Pengadilan memutuskan Nekokurage bersalah karena dinilai melakukan pengabaian. Beberapa alasan pendorongnya, antara lain:

  1. Nekokurage secara sadar mengesampingkan pembayaran pajak demi deadline pekerjaannya
  2. Ia seringkali melewati batas akhir pembayaran pajak, cenderung melunasi pajak-pajaknya dalam satu waktu.
  3. Walaupun sudah diingatkan editornya untuk menyelesaikan pajak, Nekokurage tetap abai

Terlepas dari Nekokurage terbukti bersalah, mangaka tersebut secara terbuka mengucapkan permintaan maaf atas kelaliannya dan menyesali perbuatannya.

Bahkan setelah dinyatakan sebagai terdakwa pada bulan April, ia langsung menjalin komunikasi dengan akuntan pajak untuk melakukan pembayaran secara penuh, termasuk pajak tambahan dan yang tidak terlapor.

Tentang Nekokurage

Nekokurage adalah nama alias dari Erika Ikeda, wanita berusia 36 tahun yang tinggal di Fukuoka.

Ia memulai karirnya sebagai mangaka pada tahun 2010 lewat beberapa proyek di Square Enix. Tahun 2017, ia mengerjakan proyek adaptasi manga dari light novel berjudul 'The Apothecary Diaries' karya Natsu Hyuga.

Nekokurage tidak mengerjakan serial manga tersebut seorang diri, ia dibantu oleh Minoji Kurata sebagai pengembang cerita. Manga 'The Apothecary Diaries' yang Nekokurage kerjakan, dirilis di Square Enix Monthly Big Gangan.

Tag