Tampilan aplikasi Patreon terbaru. (Foto: Patreon)

Patreon Umumkan Beragam Fitur Baru, Bisa Saling Berbagi Subscriptions!

Teknologi 26 Jun 2024

MedForians yang bergelut dalam bidang pembuatan konten kreatif pastinya sudah tidak asing lagi dengan platform berbayar Patreon.

Platform yang telah diluncurkan sejak 2013 dan terkenal karena berbagai artist dan konten kreator ini telah digunakan oleh berbagai segmen kreator, mulai dari videografer, artist, penulis, musisi, hingga penyedia podcast dan konten kreator dewasa.

Baru-baru ini, platform asal San Fransisco, California ini bersiap untuk mengizinkan pemberian hadiah pada platform langganannya, di samping sejumlah fitur baru untuk membantu para kreator konten membangun komunitas mereka.

https://static1.pocketlintimages.com/wordpress/wp-content/uploads/0-news-patreon-image1-d7el5m16we.JPG
Salah satu laman langganan pada Patreon. (Foto: Patreon/Loralei)

Seniman, penulis, podcaster, dan kreator konten lainnya juga akan segera dapat menjual karyanya secara individu dan bahkan mengatur jam hitung mundur untuk merilis karya baru, mengutip dari TheVerge pada Selasa (25/06).

Fitur Pemberian Hadiah Baru

"Pemberian hadiah adalah salah satu alat yang paling banyak diminta oleh para kreator di Patreon, dan sekarang sedang dalam proses," ujar tim Patreon dalam postingan blognya.

"Kami sedang menguji kemampuan untuk menghadiahkan keanggotaan kepada para penggemar untuk jangka waktu tertentu," lanjutnya.

Fitur pemberian hadiah ini nantinya akan tersedia di tab promosi baru pada platform kreator yang berfokus pada langganan dan akan menjadi bagian dari alat baru lainnya untuk produk diskon dan penawaran otomatis.

Promosi Konten yang Lebih Mudah

Para kreator juga akan dapat membuka bagian obrolan komunitas mereka untuk semua anggota gratis dan berbayar, di samping jam hitung mundur baru yang juga menyertakan fitur obrolan langsung.

Mempromosikan konten juga menjadi sedikit lebih mudah, dengan klip yang dapat dibagikan secara otomatis yang dapat digunakan di jejaring sosial lainnya.

Belum ada penyataan lebih lanjut akan fitur-fitur baru yang akan hadir tersebut. Pihak Patreon hanya memberikan pernyataan bahwa perubahan ini "akan segera hadir".

Patreon melakukan perbaikan ini karena perusahaan melihat adanya pergeseran yang terjadi pada ekonomi kreator, di mana model pengikut semakin terganggu oleh feed yang dikurasi secara algoritmik.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.