Yoko Takahashi (Foto: elperiodico.com).

Penyanyi Yoko Takahashi Undur Diri dari Konser Anime Karena Isu Gambar AI

Pop Kultur 23 Jun 2024

Yoko Takahashi, penyanyi yang dikenal dengan lagu pembuka "Neon Genesis Evangelion" berjudul "Zankoku na Tenshi no Teeze", undur diri dari konser perdana Ikebukuro Anime Philharmonic, yang akan berlangsung 10 Juli mendatang.

Dilansir dari ANN, hal itu disebabkan pamflet konser menggunakan gambar oleh AI (kecerdasan buatan) generatif.

Pamflet Konser yang Menggunakan Gambar AI (Foto: animenewsnetwork.com).

Rencananya, Takahashi akan menjadi bintang tamu di konser orkestra tersebut.

Takahashi umumkan pengundurannya melalui X (Twitter) resminya Rabu (19/06) kemarin. Sebagai seniman, Takahashi tidak dapat "berhadapan dengan" penggunaan AI untuk acara yang seharusnya merayakan kreatifitas.

Meskipun keputusan tersebut sangat berat, Takahashi "menghargai perasaan orang-orang yang mencintai anime di atas segalanya."

Cepat Tanggap, Pihak Orkestra Revisi Pamflet

Mengikuti peristiwa tersebut, Ikebukuro Anime Philharmonic meminta maaf dan meluncurkan pamflet baru pada hari Kamis (20/06), sehari setelah kejadian pengunduran diri.

Pamflet Terbaru Konser Ikebukuro Anime Philharmonic (Foto: animenewsnetwork.com).

Dalam sebuah pernyataan resmi, pihak orkestra mengaku bahwa mereka tidak memikirkan isu dan kritik mengenai penggunaan gambar AI dengan matang saat itu.

Perwakilan Orkestra Minta Maaf Secara Pribadi

Pada hari Jumat (21/6), pemimpin Ikebukuro Anime Philharmonic Yo Matsushita keluarkan pernyataan di situs resmi orkestra tersebut, meminta maaf terutama kepada para musisi termasuk Takahashi, sponsor, serta komite eksekutif.

"Jika saya ingin menyanyi tentang kecintaan saya pada anime dan tampil sebagai seorang penampil, saya merasa bahwa saya seharusnya menghargai rasa hormat terhadap ilustrator dan semua orang yang terlibat dalam anime lebih dari apa pun," tulis Matsushita. "Berdasarkan refleksi ini, saya bermaksud memperdalam pemahaman saya tentang isu AI generatif."

Konser yang bertajuk "Golden Age & Our Era We Are The Hero!!" akan tetap jalan sesuai jadwal di Owada Sakura Hall, Shibuya Ward Cultural Centre, Tokyo.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.