Platform Sosial Media X akan Jadikan "Likes" Bersifat Pribadi Untuk Pengguna

Teknologi 13 Jun 2024

Untuk sebagian MedForians, salah satu fitur ikonik dari platform media sosial X (dahulu bernama Twitter) ialah "Likes". Dari hanya sekedar memberikan aspirasi pada konten yang diunggah, hingga menjadi penanda postingan bila sewaktu-waktu ingin membuka kembali konten tersebut.

Namun, dengan fitur "Likes" ini juga nampaknya menjadi pedang bermata dua, dimana postingan yang pengguna sukai akan muncul pada laman beranda dari profil X pengguna.

Baru-baru ini, unggahan milik X Engineering menunjukkan bahwa nantinya pengguna dapat melihat postingan yang telah mereka like, namun tidak bagi pengguna lainnya, mengutip dari GSMArena pada Kamis (13/6).

Menurut Elon Musk selaku Owner dan Executive Chairman dari laman media X, menyebutkan pada unggahan yang lain, bahwa keputusan ini "penting untuk memungkinkan orang menyukai postingan tanpa diserang karena melakukan hal tersebut (like)."

Para konten kreator dan pengguna yang menggunakan akses berbayar mengaku tidak puas dengan perubahan ini, mengklaim bahwa mereka tidak dapat melacak keterlibatan postingan dan akan meningkatkan manipulasi platform melalui like berbayar.

Namun, hal ini memungkinkan pengguna untuk menyukai lebih banyak hal, karena mereka tahu bahwa mereka tidak akan di-bully karena melakukan like pada postingan yang lumayan mencolok, misalnya.

Tersedianya fitur likes bagi siapa saja akan menghilangkan salah satu alasan untuk mendapatkan langganan premium X.

Setelah pendapatan perusahaan mengalami penurunan besar pada tahun 2023, perusahaan milik Elon Musk ini mencoba menaikkan pendapat mereka dengan memperkenalkan model berlangganan Premium dan Premium+ dengan berbagai fitur seperti penghilangan iklan, Media Studio, hingga pembagian hasil iklan untuk pengguna Premium dan Premium+.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.