[Review] Haikyuu!! Movie: The Dumpster Battle, Rivalitas Sengit dan Intens Karasuno vs Nekoma

Review 1 Jun 2024

Sudah empat tahun berlalu sejak akhir musim ke-4 “Haikyuu!!,” anime olahraga voli populer tayang dan kali ini film pertamanya, Haikyuu!! Movie: The Dumpster Battle telah debut di bioskop Indonesia sejak 29 Mei 2024.

Seperti apa reviewnya? Berikut ulasan singkatnya!

SPOILER

Bagi Medforians yang belum menonton anime "Haikyuu!!", diharapkan untuk menonton seri anime-nya terlebih dahulu, dikarenakan film ini masih menyambung dari kisah sebelumnya.

Haikyuu!! Movie: The Dumpster Battle menyajikan pertandingan yang menjadi episentrum benturan cita-cita, kepribadian, dan rivalitas sejati antara masing-masing kedua tim voli SMA, Karasuno dan Nekoma. Kedua tim di seri anime-nya sendiri saling berhadapan berkali-kali dalam pertandingan latihan, dan kali ini mereka harus bertanding sepenuh hati di perempat final Turnamen Nasional.

Tak hanya itu, film ini bisa dibilang menjadi perwujudan janji antara sang protagonis utama seri Haiyuu, Hinata Shoyo, dengan saingannya, si jenius Konzume Kenma untuk menampilkan performa terbaik dan menikmati pertandingan.

Pertarungan keduanya sangatlah sengit, dimana kedua tim saling berebut poin. Karasuno mencoba untuk menyerang habis-habisan dengan berkali-kali menggunakan serangan andalannya, "Sinkronisasi", sedangkan Nekoma mencoba untuk bertahan total dan sesekali menggunakan serangan balik ataupun memakai "Sinkronisasi".

Film kali ini justru lebih banyak menampilkan sisi dari sang rival, Kenma. Perubahan karakter Kenma, dari yang semula tidak terlalu menikmati pertandingan, jadi senang karena perkembangan Shoyo yang bisa bangkit dari rasa putus asanya. Kenma bisa dibilang menjadi "Jendral", pengatur taktik dan strategi tim Nekoma agar bisa menghalangi tim Karasuno dan Shoyo untuk mendapatkan poin.

Tim Nekoma dan kaptennya, Kuroo.

Film ini juga menampilkan lebih banyak flashback Nekoma, dimana di awal dia dipertemukan dengan Shoyo, dan cerita masa kecilnya dengan sahabatnya yang juga kapten tim Nekoma, Kuroo.

Sayangnya, film yang menjadi pertarungan rivalitas intens Karasuno dan Nekoma justru hanya disajikan sekitar 85 menit, sehingga dirasa terlalu cepat dan terlalu menonjolkan Shoyo dan Kenma. Pemain lain seharusnya bisa lebih bersinar di sini. Selain kedua pemain ini, pemain lain yang masih mendapat sorotan meski tidak banyak adalah Kuroo dan Tsukishima.

Dari segi kualitas animasinya sendiri bisa dibilang oke dan bagus. Animasi dan visualnya terasa halus dan dinamis di setiap jalannya pertandingan. Ada banyak spesial efek, baik di saat mata Kenma yang berfokus mengincar kelemahan Shoyo dan Karasuno, ataupun Shoyo yang melompat tinggi dan "terbang" untuk menggapai umpan tinggi dari Tobio Kageyama.

Animasi dan visualnya didukung dengan musik yang membangkitkan semangat dan berdebar-debar, meningkatkan dampak emosional dari momen-momen penting sekaligus menciptakan pengalaman beresonansi dengan penonton. Soundtrack yang dipilih dengan baik berkontribusi pada keseluruhan atmosfer film, menarik penonton ke dalam intensitas dan keseruan pertandingan.

Haikyu!! The Dumpster Battle memiliki cukup banyak momen sensasi pertandingan bola voli dan mampu memuaskan para penggemar yang telah menunggu empat tahun untuk kembalinya Karasuno.

Meski belum ada kabar pasti soal kapan kelanjutan animenya tayang, namun sebagai penutup, ada after credit scene yang bisa memuaskan fans, dan besar kemungkinan untuk anime Haikyuu!! kembali lanjut ke dalam seri, film, ataupun OVA.

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.