Tampilan Dekat Keyboard ASUS ROG Strix Scope II 96 Wireless (Foto: Istimewa/Rilia)

[Review] Keyboard ASUS ROG Strix Scope II 96 Wireless: Tampak Simple Namun Banyak Kegunaan

Review 30 Jun 2024
Hai, MedForians? Kalian merasa kurang puas dengan kemewahan dan kehebatan dari ROG Azoth yang penulis pernah bahas sebelumnya?
[Review] ROG Azoth, Custom Keyboard Pertama Keluaran ASUS
ASUS akhirnya mengeluarkan custom keyboard pertama miliknya, dan tidak disangka keyboard ini memiliki banyak sekali keunggulan di dalamnya. Kira-kira ada apa ya dengan keyboard ini? Simak review berikut ini yuk!

ASUS kembali memberikan penawaran manis kepada para pecinta keyboard dengan keyboard gaming terbaru yakni ASUS ROG Strix Scope II Wireless.

Ini Keyboard Apa Sih? 

Keyboard keluaran tahun 2023 ini merupakan keyboard mekanikal wireless berukuran 96% hampir mendekati fullsize. Tak hanya itu, keyboard ini dilengkapi dengan case berbahan aluminium yang membuat tampilan serta fisik dari keyboard ini semakin cantik dan kokoh.

Dilengkapi juga dengan hot-swappable switch, mempermudah kamu untuk mengganti switch sesuai dengan keinginan kamu.

Tampilan Full Body dari Keyboard ASUS ROG Strix Scope II 96 Wireless (Foto: Istimewa/Rilia)

ASUS ROG Strix Scope II 96 Wireless hanya memiliki varian warna hitam dan putih serta dilengkapi dengan pencahayaan RGB per tombol yang dapat disesuaikan, yang cukup cantik namun tak seterang pencahayaan seperti keyboard gaming lainnya.

Bagaimana dengan Switch Originalnya?

ROG Strix Scope II 96 Wireless hadir dengan switch mekanik ROG NX Snow keluaran dari ASUS. Switch pertama dari generasi kedua switch NX Asus ini memiliki kekuatan aktuasi 45g dan titik aktuasi 1,8mm. Seperti juga dengan ROG NX Red, sudah pre-lubed, dan memiliki desain switch yang seperti berdinding untuk meningkatkan stabilitas penekanan tombol.

Tampak dari Dekat Switch ROG NX Snow (Foto: Istimewa/Rilia)

ROG Strix Scope II 96 Wireless relatif merupakan keyboard yang lumayan hening, apalagi didukung dengan extra foam di dalamnya, dan karena sudah pre-lubed membuat kamu jatuh cinta setiap kamu mengetik dan memunculkan suara keyboard yang memuaskan. 

Adakah Hal Lain yang Dapat di-Highlight?

Walaupun highlight dari nama keyboard-nya ialah kata 'wireless', kalian tak hanya dapat menggunakan fitur Bluetooth ataupun Dongle USB, tapi juga dapat memakai mode wired dengan kabel USB-C sekaligus mengisi daya baterai dari keyboard ini.

Sepanjang tepi atas keyboard terdapat port USB-C, power switch untuk beralih antara wireless 2,4GHz dan Bluetooth 5.3, penyimpanan dongle USB-A wireless 2,4GHz, dan satu port pengisian daya USB-C pada sisi kiri keyboard.

Pada bagian bawah keyboard ini juga dilengkapi dengan lima strip tipis anti selip berbahan silikon dan dua set kaki yang dapat dilipat untuk menyesuaikan sudut keyboard. Kombinasi anti selip dan kaki keyboard yang pas membuat ROG Strix Scope II 96 Wireless tidak akan mudah goyang saat digunakan.

Bagian Belakang serta Peletakan Lima Strip Anti Selip (Foto: Istimewa/Rilia)

Pada sudut kanan atas keyboard terdapat tombol multifungsi dengan logo mata ROG yang dapat diklik, dan dilengkapi dengan roller. Kamu dapat mengganti empat mode dengan menekan tombol multifungsi tersebut.

Mode-mode tersebut yakni: volume, media, pencahayaan, dan mode yang dapat disesuaikan. Untuk lebih lengkapnya, kamu dapat menyesuaikan mode tersebut melalui software Armoury Crate yakni software bawaan dari ASUS.

Walau tak selengkap dan sebanyak aksesoris tambahan ROG Azoth, ROG Strix Scope II 96 Wireless akan memberikan kamu sandaran pergelangan tangan berbahankan kulit, kabel USB-C ke USB-A sepanjang 2 meter, dan keycap spasi tambahan.

ROG Strix Scope II 96 Wireless ini dalam bertahan selama 1500 jam dalam mode wireless dengan 2.4GHz Dongle USB, dan 1750 jam dalam mode Bluetooth jika kamu tidak menyalakan lampu RGB pada keyboard ini.

Jika hanya menggunakan 50% untuk pencahayaannya, keyboard ini mampu bertahan dalam waktu 90 jam dalam 2.4GHz Dongle USB dan 110 jam dalam mode Bluetooth.

Aplikasi ASUS ROG Armoury Crate akan sangat berguna dalam penggunaan kamu dengan keyboard ini. Namun, masih terdapat banyak bug yang menganggu kinerja dan diharapkan ASUS dapat memperbaiki hal tersebut di masa mendatang.

ROG Strix Scope II 96 Wireless juga membantu buat kamu para gamer dengan 5 tombol pintas untuk XBox Game Bar dan beberapa fitur tambahan. Mulai dari tombol F1 hingga F5 telah diprogram untuk memudahkan kamu dalam penggunaan.

F1 : Buka Game Bar
F2 : Print screen
F3 : Rekam 30 detik terakhir
F4 : Mulai/Jeda perekaman
F5 : Mute/Unmute mikrofon

Fitur yang Membantu Para Gamers di Tombol F1 hingga F5 (Foto: Istimewa/Rilia)

Selama menggunakan keyboard ini, penulis memiliki impresi puas. Seperti suara ketikan yang sangat renyah dan sangat nyaman ketika digunakan. Namun penggunaan layout 96% cukup memakan space dan tidak terlalu cocok buat kamu yang memiliki ruang kerja yang cukup sempit.

Dengan harga dibanderol sekitar IDR 2.200.000, keyboard ini termasuk dalam kelas menengah hingga tinggi dan dapat memberikan pengalaman yang sesuai dengan harga yang kamu bayarkan. Walau telah menggunakan banyak jenis keyboard dari berbagai merek, ASUS ROG selalu membuat penulis terkesan dalam penggunaan keyboardnya.

Oleh karena itu, penulis memberikan rating ASUS ROG Strix Scope II Wireless sebesar 8/10.

Tag

Rilia

i love rhythm games and their stuffs, thats it.