Samsung Electronics Pamerkan SmartThings Pro dan Segudang Teknologi Baru di InfoComm 2024

Teknologi 13 Jun 2024

Salah satu raksasa di industri perangkat elektronik, Samsung Electronics mengumumkan kehadiran mereka di pameran InfoComm 2024 dengan memamerkan serangkaian produk SmartThings Pro dan teknologi layar terbaru yang inovatif yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, mulai dari tanggal 12 hingga 14 Juni 2024.

Sekilas Tentang SmartThings Pro

Salah satu hal yang menjadi sorotan utama dalam pameran ini adalah peluncuran SmartThings Pro. SmartThings Pro merupakan solusi terbaru yang dirancang untuk meningkatkan konektivitas dan kontrol terhadap perangkat pintar yang terdapat di rumah dan kantor, seperti AC, thermostat hingga bohlam yang dapat diatur dengan satu aplikasi.

https://img.global.news.samsung.com/global/wp-content/uploads/2025/06/SmartThings-Pro-InfoComm-2024_main2.jpg

Dengan fitur-fitur canggih seperti AI Energy Mode, teknologi penghematan daya cerdas yang mengurangi konsumsi energi berdasarkan kecerahan sekitar, analisis konten, dan deteksi gerakan.

Teknologi SmartThings Pro ini juga memungkinkan pengguna melihat koneksi dengan berbagai perangkat IoT melalui dasbor pengguna yang lebih user-friendly.

Tak hanya terbatas untuk pengguna perorangan, SmartThings Pro juga akan meningkatkan pengoperasian perangkat yang terhubung di lingkungan perusahaan, termasuk SMART Signage, tampilan perhotelan, sistem pendingin udara, serta berbagai peralatan digital yang terkoneksi.

Hal ini juga membantu klien korporasi mengelola berbagai faktor lingkungan seperti suhu, kelembapan, pencahayaan secara lebih efektif dengan menghubungkan berbagai produk IoT.

Fitur-fitur ini membantu pengguna mengotomatiskan konfigurasi dan pengaturan harian, menghasilkan operasi yang lebih efisien dan berkelanjutan sekaligus mengurangi biaya bisnis secara keseluruhan.

https://img.global.news.samsung.com/global/wp-content/uploads/2025/06/SmartThings-Pro-InfoComm-2024_main4.jpg

Teknologi Layar E-Paper untuk Efisiensi Bisnis

Bagi pelaku bisnis ritel, Samsung juga memperkenalkan layar berdaya sangat rendah. Berbasiskan teknologi e-ink seperti pada varian Kindle dari Amazon, Samsung Color E-Paper(model EMDX) ini memadukan tinta digital dengan teknologi e-paper penuh warna yang inovatif, papan nama baru ini dapat menggantikan materi promosi tradisional seperti billboard dengan LCD serta kertas biasa.

Dengan daya operasi hanya 0.00W ketika menampilkan gambar statis, produk ini menawarkan alternatif yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan signage digital tradisional sekaligus memberikan signage dengan visibilitas tinggi yang dibutuhkan oleh bisnis.

Selain itu, manajer dapat mengontrol Color E-Paper dari jarak jauh, hingga mengatur jadwal untuk menghemat energi dengan waktu bangun dan tidur otomatis.

Samsung Color E-Paper ini dibekali dengan layar 32 inci beresolusi QHD (2.560 x 1.440) dan gamut 60.000 warna (enam warna per piksel: merah, kuning, hijau, biru, putih, dan hitam).

Dengan bobot hanya 2,9 kg dan lebar 17,9 mm, produk ini dapat dengan mudah dipasang di berbagai lokasi, seperti dinding, meja, atau bahkan langit-langit, tanpa membutuhkan dudukan tambahan.

Untuk urusan pengisian daya dan transmisi data, Color E-Paper memiliki dua port tipe USB-C, dukungan Wi-Fi dan Bluetooth, memori flash 8GB, serta bezel yang dapat diganti-ganti yang memungkinkan pengguna untuk mengubah warna bingkai dan braket VESA untuk memberikan pengguna konektivitas yang ditingkatkan, opsi penyesuaian dan solusi pemasangan yang lebih fleksibel.

https://img.global.news.samsung.com/global/wp-content/uploads/2025/06/SmartThings-Pro-InfoComm-2024_main6.jpg

Papan Tulis Interaktif yang dibekali AI

Pertama kali diumumkan pada ajang ISE 2024, Papan Tulis Interaktif (Seri WAD) dari Samsung ini tampil perdana di InfoComm, dibekali dengan beragam fitur baru yang mencakup kemampuan AI generatif.

Berbagai Fitur AI baru ini mencakup transkripsi otomatis dari pelajaran lisan serta kemampuan untuk menghasilkan ringkasan kelas terperinci serta menyoroti poin penting dan topik utama.

Dengan menganalisis transkripsi suara pendidik, materi yang tertulis di layar, serta materi pendidikan yang disediakan, aplikasi ini juga dapat menghasilkan kuis untuk siswa. Papan interaktif ini menggunakan teknologi machine learning untuk meningkatkan akurasi konten dan memblokir konten yang tidak sesuai.

https://img.global.news.samsung.com/global/wp-content/uploads/2025/06/SmartThings-Pro-InfoComm-2024_main8.jpg

Juga Memamerkan Lini TV Bisnis

Selain berbagai teknologi diatas, Samsung turut serta memamerkan seri TV Bisnis mereka, menawarkan kualitas gambar UHD dan fleksibilitas untuk bisnis.

Tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 43 hingga 85 inci, TV ini dapat dipasang di hampir semua ruangan, sehingga menjadi pilihan yang optimal untuk meningkatkan gaya dan fungsionalitas di berbagai sektor, seperti industri restoran, pendidikan, kantor kecil/rumah serta usaha kecil lainnya.

Lini SmartThings Pro ini akan mulai dipasarkan untuk pasar global secara bertahap, termasuk untuk regional Amerika Serikat dan Korea Selatan.

"Kami akan mengembangkan lebih lanjut solusi IoT Samsung Electronics untuk pasar B2B melalui SmartThings Pro. Selain itu, kami juga menyediakan solusi khusus yang dioptimalkan untuk segala hal, mulai dari ruang perumahan dan komersial hingga fasilitas umum seperti sekolah," ujar Park Chan-woo, Vice President dari Samsung Electronics’ B2B Solutions Team.

Sumber : Press Release Samsung

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.