Seiyuu Eiko Masuyama Meninggal Dunia

Pop Kultur 4 Jun 2024

Dunia seiyuu kehilangan satu lagi talentanya yang berbakat. Baru-baru ini diumumkan secara resmi oleh agensi bakat Aoni Production pada Senin (3/6) kemarin, bahwa seiyuu Eiko Masuyama telah meninggal dunia di usia ke-89 tahun.

Dikutip dari Anime News Network dan CBR, Selasa (4/6), Mendiang Eiko Masuyama wafat pada 20 Mei lalu karena menderita penyakit pneumonia. Perusahaan menyatakan bahwa pengisi suara tersebut telah menjalani perawatan selama beberapa waktu, dan atas permintaan keluarganya, upacara pemakaman dan pemakamannya hanya dihadiri oleh kerabat dekat.

Mendiang Masuyama lahir di Tokyo pada tanggal 22 April 1936. Dia memulai karirnya di dunia televisi anime Jepang dengan serial Astro Boy (Tetsuwan Atom) pertama. Masuyama juga merupakan pengisi suara pertama Honey Kisaragi dalam franchise anime Cutie Honey, dan dia berperan sebagai Mama dalam serial komedi Tensai Bakabon, serta mengisi peran utama dalam anime gadis penyihir Mahōtsukai Chappy. 

Namun, fans lebih mengingat mendiang Masuyama karena mengisi peran suara Fujiko Mine di serial Lupin III, dan melanjutkan perannya hingga acara spesial televisi 2010 Lupin III: the Last Job. Di acara tersebut, beliau menjadi anggota terakhir dari pemeran utama asli waralaba yang masih hidup.

Oleh karena itu, postingan di X (sebelumnya Twitter) juga dibuat oleh akun resmi anime Lupin the Third, yang menyatakan terima kasih sekaligus berduka cita.

"Aktris pengisi suara Eiko Masuyama meninggal dunia pada tanggal 20 Mei. Di Lupin the Third, dia menjadi bintang tamu di Bagian pertama, dan mulai Bagian kedua dan seterusnya, dia memainkan peran Fujiko Mine di banyak produksi TV dan film. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama bertahun-tahun dan rasa belasungkawa kami."

Sesama pengisi suara dan staf dari serial Lupin juga memberikan penghormatan kepada Matsuyama, termasuk Kanichi Kurita, yang memainkan peran utama serial ini mulai tahun 1995 silam.

"Fujiko-chan benar-benar satu-satunya di dunia," kata Kurita. "Dia selalu anggun dan saya mengaguminya… Sayang sekali Naya-san, Monkey-sensei, Inoue-san, Kobayashi-san, dan Masuyama-san dari rekaman pertama Lupin saya semuanya telah hengkang. Saya akan terus bekerja keras untuk mencapainya, meneruskan perasaan Masuyama-san dan semua orang di Lupin."

Berkat jasa besarnya di dunia anime, mendiang Masuyama meraih penghargaan Meritorious Service Award di ajang Tokyo Anime Award Festival (TAAF) tahun 2017, diikuti penghargaan Merit Award di Annual Seiyū Awards ke-15 di tahun 2021.

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.