Persona Soyogi Soyogi, voice synthesizer software resmi dengan suara Yuki Kaji (Foto: twitter.com)

Seiyuu Yuki Kaji Akan Rilis Voice Synthesizer Software

Pop Kultur 5 Jun 2024

Pengisi suara (seiyuu) Yuki Kaji akan merilis proyek voice synthesizer software miliknya pada musim gugur tahun ini. Proyek yang dinamakan Soyogi Fractal ini, akan meluncurkan persona Soyogi Soyogi untuk CeVIO AI (05/06).

Dikutip dari Anime News Network (ANN), proyek Soyogi Fractal diumumkan pertama kali pada September 2023. Melalui akun resmi X (sebelumnya Twitter) Soyogi Fractal, proyek ini ditujukan untuk memperingati hari jadi (anniversary) ke -20 karir Yuki Kaji sebagai pengisi suara.

“Sebuah proyek baru telah diluncurkan untuk memperingati hari jadi ke-20 Kaji Yuki sebagai pengisi suara. Kami akan membawakan Anda berbagai cerita yang dimulai dengan "suara" Kaji Yuki. Kami akan memposting informasi secara berkala mulai sekarang, jadi silahkan ikuti kami,” tulis akun resmi X Soyogi Fractal.

Proyek ini kemudian mengumumkan kampanye untuk pendanaan proyeknya. Kampanye tersebut dimulai pada 11 April hingga 31 Mei melalui Campfire. Kampanye ini sukses mengumpulkan dana sebesar USD 170,000. Angka tersebut lebih besar tiga kali lipat dari target awalnya.

“Saya benar-benar bersyukur. Saya diberkati dengan orang-orang baik. Ini merupakan proyek untuk mengungkapkan rasa terima kasih saya kepada komunitas yang mendukung saya. Saya telah menemukan kebahagiaan baru lagi, tapi ini pastinya sebuah fraktal. Saya akan terus menangani proyek ini dengan setulus hati,” kata Yuki Kaji menanggapi hasil kampanye melalui akun resmi X miliknya.

Melindungi Hak Cipta Suara dari AI

Proyek Soyogi Fractal merupakan proyek pribadi Yuki Kaji untuk melindungi hak cipta suaranya dari konten Artificial Intelligient (AI) yang semakin marak. Pengisi suara Eren Jeager (Attack on Titan) ini berharap voice synthesizer software resmi miliknya dapat menghentikan penyalahgunaan suaranya.

“Tetap saja, saya yakin kita harus hidup berdampingan dengan AI, bukan bermusuhan dengannya. Tidak ada baik atau buruk dalam teknologi yang dikenal sebagai AI. Itu semua tergantung pada moralitas orang yang menggunakannya,” jelas Yuki Kaji menanggapi isu hak cipta suara dengan kemajuan AI.

Dirinya juga berharap agar persona Soyogi Soyogi dapat diakses secara umum. Sehingga para penggemar Kaji dapat menciptakan berbagai macam musik menarik dan proyek audio lainnya.

Tag