Semakin Panas! Mediatek Ikut Kembangkan Prosesor ARM untuk Laptop Windows

Teknologi 13 Jun 2024

Persaingan laptop berbasis prosesor ARM nampaknya semakin sengit.

Setelah bulan lalu Microsoft mengumumkan berbagai seri laptop berbasis CPU ARM pada bulan lalu dengan Qualcomm sebagai partner utama dari program laptop yang dinamai Copilot+, rumor yang beredar Microsoft menggandeng Mediatek untuk membuat desain alternatif untuk CPU ARM ini.

Salah satu laptop berbasis ARM Qualcomm, Lenovo ThinkPad X13s (Foto: Lenovo)

Mengambil dari Berbagai Desain CPU ARM

Mengutip dari GSMArena pada Kamis (13/06), desain CPU desktop dari Mediatek ini nantinya akan mengambil dari berbagai desain inti CPU dari ARM, yang diharapkan akan mempercepat pengembangan CPU desktop Mediatek ini (dibandingkan dengan lini Snapdragon X yang menggunakan desain CPU dan GPU yang dikembangkan Qualcomm).

Belum ada pengumuman lebih lanjut akan desain MediaTek ini yang nantinya akan memenuhi syarat Microsoft Copilot+ yang membutuhkan setidaknya 40 TOPS daya komputasi AI pada perangkat.

Telah Membuat Lini CPU ARM untuk Chromebook

Sebelumnya, produsen CPU asal Taiwan ini telah membuat chip untuk laptop berbasis Chromebook (dibawah lini MediaTek Kompanio), yang nantinya dapat menjadi dasar untuk desain laptop ARM pada Windows.

Seperti yang telah disebutkan diatas, chip terbaru dari MediaTek ini nantinya akan menggunakan komponen standar dari ARM, yakni lini inti CPU Cortex dan GPU Mali/Immortalis.

MediaTek dikabarkan juga tengah membantu produsen kartu grafis (GPU) asal Amerika Serikat, Nvidia dalam menghadirkan chip berbasis ARM untuk Windows ke pasar. Namun, rumornya kedua proyek ini tidak terkait satu sama lain.

Selain itu, tahun lalu, rumor dari Reuters juga menambahkan bahwa AMD juga tengah mengerjakan chip berbasis ARM untuk Windows.

Kemungkinan besar, chip tersebut akan menggunakan teknologi GPU Radeon, berbasis desain RDNA 3, serupa dengan yang digunakan pada chip Exynos (walaupun kolaborasi dengan Samsung akan digantikan dengan desain GPU Samsung).

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.