Seri Laptop Terbaru dari AMD dan Intel Belum Mendapatkan Fitur Copilot+, Kenapa?

Akhir bulan lalu, Microsoft mengumumkan akan kehadiran asisten visual yang nantinya disematkan pada sistem operasi besutan mereka, Windows. Salah satu partner yang telah mendapatkan sertifikasi AI Copilot+ saat peluncurannya ialah Qualcomm dengan arsitektur ARMnya pada lini prosesor Qualcomm X.

Dengan tanggal peluncuran platform Intel Lunar Lake dan AMD Strix Point yang semakin dekat, pabrikan yang dikenal dengan arsitektur x86 ini dikonfirmasi tidak akan mendukung fitur Microsoft Copilot pada saat peluncuran, mengutip dari VideoCardz pada Sabtu (15/06) WIB.

Mengatur Resolusi Layar Secara Dinamis dan Teknologi Upscaling

Beberapa fitur dari perangkat laptop dengan sertifikasi Copilot+ ini ialah Auto Super Resolution, yang dapat mengangkat framerate dari gim yang dijalankan dengan mengatur resolusi layar secara dinamis, dipadukan dengan algoritma upscaling yang disediakan oleh unit NPU (Neural Processing Unit) pada prosesor, dengan laptop berbasis lini prosesor Qualcomm X pada Selasa (18 Juni) mendatang.

Fitur lainnya dari laptop berserfitikasi Copilot+ ini ialah Recall, dimana pengguna dapat mencari berbagai hal dan kenangan mereka, misalnya ketika mereka lupa lagu yang diputar beberapa hari lalu, dengan mengambil tangkapan layar pengguna secara periodik.

Fitur Recall pada pembaruan Windows 11 versi 24H2 mendatang (Foto: Microsoft)

Namun, berbagai peneliti di bidang keamanan meragukan fitur ini karena dapat diakses dengan mudah oleh siapapun. Pihak Microsoft pun telah mengonfirmasi bahwa fitur Recall ini akan ditunda peluncurannya dan tidak akan tersedia pada saat peluncuran laptop terbaru bersertifikat Copilot+ ini.

Selain itu, fitur yang terdapat pada laptop bersertifikasi Copilot+ ini ialah Restyle Image dan Cocreator, dengan pengguna nantinya dapat mengganti berbagai style dari gambar berdasarkan model yang telah dilatih sebelumnya, misalnya mengganti art style lain.

Fitur Cocreator ini merupakan fitur yang terdapat pada aplikasi Paint dimana pengguna dapat membuat karya seni hanya dengan membuat sketsa kasar saja.

"Lini laptop berbasis platform Lunar Lake dari Intel dan Strix Point dari AMD merupakan perangkat PC AI Windows 11 yang telah memenuhi kebutuhan perangkat keras kami. Kami terus berkerjasama dengan Intel dan AMD untuk memberikan pengalaman PC Copilot+ melalui pembaruan mendatang." - James Howell via TheVerge.

Hal yang sama dilontarkan oleh PR Manager Intel, Thomas Hannaford. "Perangkat Lunar Lake akan mendapatkan pengalaman Copilot+ pada pembaruan mendatang, bila tersedia," ujarnya.

Prosesor terbaru Intel, Intel Lunar Lake (Foto: Intel)

Pihak AMD pun mengiyakan hal tersebut, dengan platform laptop terbarunya tidak mendapatkan Copilot+ saat peluncurannya. "Kami berharap pengguna dapat merasakan pengalaman Copilot+ di akhir 2024 ini", ujar PR Manager AMD, Matthew Hurtwitz.

Meskipun berbagai fitur Copilot+ ini tidak akan tersedia ketika peluncuran platform laptop terbaru dari kedua pabrikan tersebut, namun beberapa pihak ketiga sudah bersiap-siap untuk kemunculan perangkat yang memboyong NPU ini, seperti Adobe, Davinci Resolve dan CapCut.

Beberapa aplikasi ini nantinya akan dapat menggunakan NPU dari lini prosesor terbaru, terlepas dari sertifikasi Copilot+ yang diberikan Microsoft.