Sosial media elaelo, yang kini terblokir (Foto: elaelo)

Setelah Ancaman Blokir, Medsos Lokal Pengganti X Bernama Elaelo Muncul

Teknologi 17 Jun 2024

Bulan lalu, setelah munculnya kebijakan mengunggah konten dewasa pada platform sosial media X, berbagai pihak pun melontarkan kekecewaan mereka akan kebijakan tersebut, salah satunya ialah Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menurut ketua Menkominfo Budi Arie, pihaknya tidak segan-segan untuk memblokir platform milik pendiri Tesla, SpaceX dan The Boring Company, Elon Musk ini, karena telah dianggap melanggar pasal 27 ayat (1) UU 1/2024 tentang perubahan kedua UU ITE, mengutip dari CNBC Indonesia.

Baru-baru ini, muncul rumor berseliweran pada media sosial X tentang pesaing dari sosial media yang sebelumnya dikenal dengan nama Twitter ini.

Seperti pada cuitan akun @mardigu24, platform sosial media lokal yang diberi nama elaelo ini memiliki fitur yang sama dengan Twitter, dengan layout yang persis sama.

Namun, kemunculan platform ini pun turut menuai kontra dari berbagai pihak, seperti proses registrasi yang terganggu, misalnya.

Selain itu, berbagai pengguna juga skeptis akan privasi dari platform media lokal ini, dengan opsi cookies yang ambigu, hingga pengembang aplikasi anonim.

Warganet lainnya pun menemukan bahwa platform elaelo ini menggunakan script code yang sama dengan miliknya, menggunakan platform PHP milik ColibriSM.

Dengan berbagai keluhan dari calon pengguna media sosial elaelo ini, tinggal menunggu waktu saja bagaimana program media sosial pengganti X ini akan bertahan.

Update : Sehubungan dengan komplain warganet, sepertinya laman web elaelo ini tidak bisa diakses, dengan halaman utama menunjukkan website yang ditangguhkan.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.