Geneva International Motor Show 2024 (Foto: genevamotorshow.com)

Setelah Satu Abad, Geneva International Motor Show Pamit dari Swiss

Otomotif 3 Jun 2024

Ajang otomotif legendaris Geneva International Motor Show (GIMS) akan hentikan aktivitas di Swiss mulai tahun 2025. Padahal, sebelumnya panitia GIMS telah rencanakan GIMS berikutnya di Swiss untuk tahun 2025.

Penyelenggara GIMS, Comité permanent du Salon International de l'Automobile, mengkonfirmasi hal ini Jumat (31/05) lalu melalui situs resmi GIMS.

Suasana Sepi di Geneva International Motor Show 2024 (Foto: Wikimedia Commons).

Berjalan lebih dari satu abad, GIMS merupakan platform bagi produsen otomotif, khususnya merek Eropa, untuk pamerkan model terbaru mereka.

Dari awal yang sederhana dengan 37 exhibitor dan 17 ribu pengunjung pada tahun 1905, GIMS bertumbuh menjadi salah satu ajang otomotif tersukses di Eropa, dengan rata-rata 700 ribu pengunjung sejak dekade 2000-an dan rekor lebih dari 120 exhibitor.

Alasan Pemberhentian GIMS di Swiss

Setelah 4 tahun hengkang karena pandemi Covid-19, GIMS 2024 hadirkan 37 exhibitor dan mencatat 168 ribu pengunjung. Tetapi, berdasarkan laporan Reuters, ini jauh lebih rendah dibandingkan target mereka yaitu 200 ribu pengunjung.

Selain itu, merek terkenal seperti Volkswagen, Mercedes-Benz, dan Hyundai tidak jadi berpartisipasi di GIMS tahun ini, yang dapat menjadi faktor turunnya jumlah pengunjung.

GIMS juga menghadapi tekanan industri otomotif Eropa yang "sulit", serta persaingan di negara tetangga dan Tiongkok.

"Kurangnya minat yang ditunjukkan oleh produsen di Geneva Salon dalam konteks industri yang sulit, persaingan dari ajang di Paris dan Munich yang disukai oleh industri dalam negeri mereka, dan tingkat investasi yang diperlukan untuk mempertahankan pertunjukan tersebut, adalah pukulan terakhir untuk edisi mendatang," ungkap Alexandre de Senarclens, Presiden Komite Salon International de l'Automobile, melalui pernyataan resmi.

Sandro Mesquita, CEO GIMS, menambahkan bahwa mereka memiliki target untuk GIMS 2025 sebanyak dua kali lipat dari GIMS 2024, namun "sinyal yang kami terima buruk", berdasarkan kutipan di Swiss Info.

Pindah ke Qatar

Namun, ini bukan berarti akhir dari GIMS secara permanen. GIMS akan berlanjut di Doha, Qatar dari tahun 2025, tepatnya tanggal 27 November sampai 6 Desember.

Ini merupakan kedua kalinya GIMS akan diadakan di Qatar, setelah GIMS Qatar 2023 yang mendatangkan 180 ribu pengunjung dan 30 exhibitor.

"Setelah edisi perdananya yang sukses, GIMS Qatar dengan percaya diri dapat mengandalkan keahlian dan kemampuan yang telah terbukti dari tim yang menyusun dan melaksanakan konsep [ajang yang didedikasikan untuk keunggulan otomotif," ucap Mesquita.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.