Model produksi dari SUV terbaru Smart, Smart #5 (Foto: Smart via ArenaEV)

Smart #5 Resmi Diluncurkan di Tiongkok, Dapat Melaju Hingga 700 Km

Otomotif 15 Jun 2024

Setelah beberapa kali muncul sebagai mobil konsep, Smart secara resmi meluncurkan mobil listrik terbaru mereka, Smart #5, di pasar Tiongkok, mengutip dari ArenaEV pada Jum'at (14/6).

Model yang merupakan kolaborasi antara Geely dan Mercedes-Benz ini awalnya diluncurkan pada ajang Beijing Auto Show pada bulan April lalu sebagai model konsep, seri terbaru dari Smart ini akhirnya telah masuk ke tahap produksi.

Usung Motor Listrik Bertenaga 638 dk

Meskipun masuk kedalam kategori SUV berukuran sedang, model Smart #5 ini dapat dibilang jauh dari kata kecil. Dengan dimensi panjang 4,7 m, lebar 1,9 m, dan tinggi 1,7 m, mobil ini menawarkan ruang yang luas untuk penumpang dan kargo.

Jarak sumbu rodanya mencapai 2,9 m, yang semakin menegaskan interiornya yang luas. SUV ini dirancang untuk mengakomodasi lima penumpang dengan nyaman dan memiliki pilihan roda mulai dari 18 hingga 21 inci.

Smart #5 ini hadir dengan desain modern yang aerodinamis, dirancang untuk menarik perhatian konsumen yang menginginkan mobil listrik dengan gaya dan performa tinggi. Untuk trim level teratas yang memiliki tenaga 638 tenaga kuda, bobotnya mencapai 2.450 kg.

SUV Smart #5 menawarkan beragam pilihan penggerak, mulai dari model penggerak roda belakang (RWD) dengan motor tunggal, menghasilkan 335 hp atau 358 hp. Bagi para pembeli yang menginginkan performa lebih, varian all-wheel drive (AWD) dilengkapi dengan motor ganda, menghasilkan output tenaga gabungan sebesar 579 hp atau 638 hp yang tersedia di trim performa, Brabus.

Model konsep dari Smart #5 (Foto: Smart)

Dibekali Berbagai Varian Baterai

Untuk urusan baterai, versi RWD dari SUV ini nantinya akan menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate (LFP), sedangkan trim AWD dibekali dengan baterai Nickel-Manganese Cobalt (NMC). Meskipun kapasitas baterainya belum diumumkan lebih jauh, di berbagai laporan menunjukkan jangkauan yang mengesankan, hingga sejauh 700 km dengan menggunakan standar CLTC.

Model Smart #5 ini juga dibekali arsitektur 800 V dan pengisian daya dengan rating 4C, yang memungkinkan pengisian daya penuh secara teoritis hanya dalam waktu 15 menit. Fitur pengisian daya cepat ini akan menarik bagi para penggemar mobil listrik yang menginginkan waktu henti yang minimal selama perjalanan jauh.

Sekilas Tentang Smart Cars

Smart, perusahaan patungan antara Geely Group dan Mercedes-Benz, telah memantapkan dirinya sebagai pemain terkemuka di pasar mobil listrik Eropa, khususnya di Jerman. Meskipun kinerjanya di pasar Cina kurang cemerlang, Smart #5 berharap dapat mengubah hal itu dengan fitur dan kinerjanya yang mengesankan.

Untuk para MedForians yang tidak sabar akan memboyong model SUV ini, mungkin harus terus bersabar karena banderol resminya belum diumumkan.

Nantinya banderol dan ketersediaan model ini akan diumumkan menjelang debut resminya, yang akan diumumkan secara langsung akan ketersediaannya di pasar internasional. Pasar Tiongkok nantinya akan menjadi yang pertama mendapatkan model SUV Smart #5, dengan regional lain, seperti Eropa dan Amerika, akan menyusul.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.