Mobil terbaru dari Jeep, Jeep Wagoneer S (Foto: Jeep)

Tantang Tesla Model Y, Jeep Wagoneer S Resmi Diluncurkan

Otomotif 1 Jun 2024

Pabrikan otomotif legendaris asal Amerika, Jeep, yang terkenal dengan lini SUV mereka, baru-baru ini merilis model SUV bertenaga elektrik mereka, Jeep Wagoneer S, menemani lini Jeep Avenger sebagai model elektrik kedua Jeep di regional Amerika Serikat, melansir dari ArenaEV pada Jumat (31/05).

Lebih Cepat Dibandingkan Jeep Hellcat

SUV berkonfigurasi 2 baris penumpang ini dibekali dengan motor listrik ganda bertenaga 600 dk, dengan torsi hingga 837 Nm, yang dapat melesatkan SUV ini dari 0-97 km/jam dalam waktu 3,4 detik, bahkan lebih cepat dibandingkan Jeep Grand Cherokee Trackhawk yang dibekali dengan mesin V-8 dari lini Dodge Hellcat bertenaga 707 dk!

Motor listrik tersebut ditandemkan dengan baterai berkapasitas 100,5 kWh yang dapat membawa SUV ini melaju hingga 483 km, dalam siklus EPA, mengutip dari Jeep via Arena EV. Masih soal baterai, kabarnya SUV ini akan dibekali teknologi pengisian baterai cepat dengan arus DC yang dapat mengisi dari 20 hingga 80 persen dalam waktu 23 menit saja.

Garis Lekukan yang Lebih Aerodinamis

Meskipun tetap membawa ciri khas Jeep yakni gril 7 kisi, yang kini disematkan lampu LED di tiap kisinya, secara garis desain, SUV ini membawa desain yang lebih segar dibandingkan dengan kakaknya, Jeep Wagoneer, dengan lekukan yang lebih ramping, serta profil SUV yang lebih aerodinamis.

SUV ini juga memiliki dimensi yang lebih ramping, dengan panjang 4,88 meter, bahkan lebih kecil dari Grand Cherokee versi short-wheelbase.

Masuk ke dalam interiornya, pengemudi akan dimanjakan dengan berbagai layar mulai dari kluster spidometer digital dibelakang pengemudi, layar infotainment, pengontrol AC, hingga kluster layar di bagian penumpang. Versi awal dari lini Launch Edition juga mendapatkan speaker McIntosh berjumlah 19 buah, yang juga disematkan pada kakaknya, Grand Cherokee.

Lini Jeep Wagoneer S Launch Edition, dengan segudang fitur premium dan performanya, akan dibanderol di harga $71.995 (sekitar Rp1.17 Miliar), yang membuatnya lebih mahal $20.000 (sekitar Rp325 Juta) dibandingkan pesaingnya, Tesla Model Y, sepadan dengan berbagai fitur premium dan performa yang ditawarkan oleh mobil ini.

Jeep Wagoneer S akan tersedia di berbagai dealer di Amerika Serikat dan Kanada mulai musim gugur 2024.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.