Ilustrasi Himmel dan Frieren dari anime Frieren: Beyond Journey's End (Foto: crunchyroll)

Terinspirasi Himmel, Seorang Otaku Hajar Pelaku Penikaman di Taiwan

Pop Kultur 5 Jun 2024

Selasa (5/6), Pemerintah Taichung Taiwan memberikan penghargaan kepada tujuh belas aktor heroik atas kasus penikaman di sebuah MRT pada 21 Mei 2024 lalu.

Melansir dari chinatimes, dari ketujuh belas orang tersebut ada sembilan yang hadir dan ternyata salah satunya merupakan seorang otaku.

Adalah Xu Ruixian, lelaki yang mendapatkan julukan 'The long Haired Brother' ini secara percaya diri menunjukkan identitasnya sebagai otaku. Ia bahkan mengatakan bahwa Himmel yang mendorongnya untuk melakuan aksi heroik tersebut.

Ingin Menghilangkan Stigma Otaku

Xu Ruixian tampil nyentrik saat datang ke upacara penerimaan penghargaan dari pemerintah Taichung. Ia hadir menggunakan merchandise dari gim 'Monster Hunter' dengan rambutnya yang tergerai.

台中市府4日表揚見義勇為的17名城市英雄,長髮哥許瑞顯接受表揚及頒獎。( 台中市政府提供 )
Xu Ruixian ketika menerima penghargaan atas aksi heroiknya (chinatimes)

Alasan Xu Ruixian menunjukkan identitasnya sebagai otaku ini untuk mematahkan stigma terhadap kelompoknya. Ia berkata, "otaku tidak seburuk yang orang-orang kira."

Pernyataan ini ia sampaikan karena otaku mendapatkan sitgma buruk akibat kasus penikaman serupa yang terjadi 10 tahun lalu. Pelakunya disinyalir merupakan seorang otaku.

Ketika ditanya apa yang mendorongnya melakukan aksi heroik melawan pelaku, Xu Ruixian menjawabnya dengan quotes dari serial 'Frieren: Beyond Journey's End', "Himmel akan melakukan hal yang sama."

Quotes tersebut kerap kali diucapkan oleh beberapa karakter, ketika ditanya alasan di balik suatu tindakan mulia yang mereka lakukan. Himmel sendiri merupakan ikon pahlawan di serial tersebut.

Kata-kata itu kemudian menjadi moto bagi Xu Ruixian dan mendorongnya untuk memberanikan diri melawan pelaku penikaman.

Tentang Kasus Penikaman

Insiden penikaman yang terjadi di salah satu MRT, berhasil dihentikan oleh beberapa penumpang.

Melansir CNN, pelaku merupakan laki-laki berusia 20 tahun yang berasal dari wilayah selatan Kota Kaoshung, Taiwan.

Sang pelaku datang membawa tas besar yang ia letakkan di rak penyimpanan atas kereta, lalu tiba-tiba saja ia mengeluarkan pisau dan menyerang orang-orang di sekitarnya. Saat itu kondisi gerbong terisi sekitar 60-70%.

Melihat hal tersebut, beberapa penumpang lainnya dengan sigap berusaha melawan dan menghentikan pelaku. Xu Ruixian merupakan salah satunya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dari insiden tersebut. Namun, dilaporkan ada tiga penumpang yang menderita luka-luka.

Tag