Kolaborasi Huawei dengan perusahaan AI asal Tiongkok, iFlytek (Foto: Huawei)

Tingkatkan Ekosistem Musik, Huawei Kolaborasi dengan iFlytek

Teknologi 26 Jun 2024

Anak perusahaan asal Tiongkok, Huawei Music dan iFlytek baru-baru ini menandatangani kerja sama untuk meningkatkan ekosistem musik untuk ponsel mereka yang nantinya akan dibekali dengan integrasi AI.

Upacara penandatanganan berlangsung selama konferensi HDC 2024 yang berlangsung pada tanggal 21-23 Juni kemarin, dengan dihadiri oleh berbagai eksekutif senior, mengutip dari HuaweiCentral pada Senin (24/6) lalu.

https://consumer.huawei.com/content/dam/huawei-cbg-site/common/mkt/mobileservices/music/img-0614/Huawei-Music-kv.png
Tampilan dari aplikasi Huawei Music (Foto: Huawei)

Sekilas Tentang iFlytek

iFlytek merupakan perusahaan teknologi informasi asal Tiongkok yang berfokus pada AI dan mekanisme bicara yang canggih.

Bersama Huawei, iFlytek bertujuan untuk membangun ekosistem kecerdasan buatan yang kuat dan menjadikan AI sebagai aset yang berharga bagi kehidupan, bisnis, serta masyarakat.

Saat ini, Huawei Music dan iFlytek memulai kerja sama yang mendalam untuk menciptakan ekosistem musik berbasis HarmonyOS yang baru. Di sini kedua belah pihak akan bekerja untuk meningkatkan konten musik yang ada, distribusinya, kontribusi artis, dan pembuatan nada dering berbasis AI.

https://m.media-amazon.com/images/I/415GTZrWHXL._AC_UF894,1000_QL80_.jpg
Salah satu produk dari iFlytek, iFlytek Translator 4.0 (Foto: iFlytek via Amazon)

Konsumen dapat mengharapkan untuk melihat peningkatan yang mendalam di bidang musik dan nada dering yang menarik untuk handset Huawei mereka di masa mendatang.

Melakukan Kolaborasi di Bidang Musik

Aplikasi Huawei Music nantinya akan mendapatkan fitur-fitur yang signifikan untuk mengoptimalkan pengalaman mendengarkan lagu bagi pengguna secara imersif.

Presiden Huawei Device Cloud Service Interactive Media BU – Wu Hao mengatakan bahwa kedua perusahaan akan terus bekerja sama untuk menciptakan fasilitas yang lebih baik dan kreasi audio yang lebih baik berdasarkan standar codec audio terbaru bernama Audio Vivid.

Audio Vivid codec merupakan standar pengkodean audio terbaru yang menggunakan teknologi AI untuk mengatasi masalah kompresi audio 3D untuk memberikan pengalaman audio yang imersif.

Direktur iFlytek Music - Guo Jia menjelaskan tentang kerja sama antara Huawei dan iFlytek untuk beberapa sektor bisnis.

"Melihat ke masa depan, kedua belah pihak akan merilis konten musik yang lebih berkualitas ke pasar musik melalui kerja sama hak cipta musik." ujarnya.

Ini bukan pertama kalinya iFlytek dan Huawei berkolaborasi untuk tujuan bisnis. Sebelumnya, mereka telah bekerjasama membangun arsitektur model AI untuk skala besar.

Dalam sebuah acara, iFlytek mengumumkan peluncuran model skala besar independen berdasarkan ekosistem Huawei Ascend. Produk ini dibandingkan dengan ChatGPT-4 dan mengejar akurasi GPT 3.5.

Sekarang saatnya untuk merenovasi bidang Musik. Akan sangat menarik untuk melihat perubahan apa yang akan dilakukan kedua perusahaan pada aplikasi Huawei Music dan layanan terkait.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.