Foto tulisan GoTo, sumber: gotocompany.com

Tokopedia Lakukan PHK Massal! Ini Tanggapan GoTo

Umum 14 Jun 2024

Resmi per hari ini (14/06/2024) GoTo PHK massal karyawannya sebanyak 450 orang. Hal ini ditanggapi Sekretaris Perusahaan GoTo, R. A. Koesoemohadiani yang menuturkan kalau keputusan pada PT Tokopedia tersebut sudah diserahkan kepada pihak perusahaan.

Sebelumnya kata Bloomberg dilansir dari Tirto.id bahwa ByteDance pemegang saham mayoritas Tokopedia akan memangkas 9 persen atau sekitar 450 karyawan Tokopedia yang berada dalam tim e-commerce dan bagian periklanan.

Diketahui bahwa pemangkasan jumlah karyawan ini adalah imbas dari merger dengan ByteDance. Saat ini ByteDance memegang 75 persen saham Tokopedia, sementara GoTo hanya memegang 25 persen sisanya.

Dilansir dari Kontan bahwa Pengamat Teknologi dan Direktur ICT Institute Heru Sutadi menanggapi PHK karyawan ini sebagai akibat dari merger. Karena menurutnya dengan merger ini akan ada posisi ganda yang mengerjakan bagian yang sama sehingga hal tersebut menyebabkan ketidakefisienan.

GoTo juga membantah bahwa ada kabar kalau ByteDance melakukan penghentian 80 persen layanan Tokopedia. Menurut Koesoemohadiani, bahwa GoTo tidak ada rencana untuk melakukan penghentian mayoritas layanannya.

Selain itu, Tokopedia menjamin mereka yang terkena dampak PHK akan menerima gaji penuh selama satu bulan sebagai bentuk dukungan selama masa transisi mencari pekerjaan yang baru. Dan juga karyawan yang di-PHK ini akan menerima pesangon sesuai dengan masa kerja masing-masing.

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Suka fotografi dan gambar anime, gaming tipis-tipis