Ilustrasi serial Delicious in Dungeon karya Ryoko Kui (Foto: YouTube KADOKAWAanime)

Wah! Manga Delicious in Dungeon Raih Penghargaan di Seiun Awards 2024

Pop Kultur 6 Jun 2024

Pada Rabu (05/06), Seiun Awards mengumumkan rentetan pemenang untuk perhelatan tahun 2024 ini. Manga 'Delicious in Dungeon' (Dungeon Meshi) menjadi salah satu pemenang di ajang tersebut.

Melansir ANN, manga 'Delicious in Dungeon' karangan Ryoko Kui berhasil mengungguli empat karya lainnya dari kategori 'Best Comic Awards'.

Seiun Awards 2024 ini merupakan perhelatan ke 55 dan manga 'Delicious in Dungeon' merupakan satu dari 57 karya yang ikut serta dalam ajang ini.

Tentang Delicious in Dungeon

Pada ajang Seiun Awards 2024, 'Delicious Dungeon' berhasil mengungguli karya dari franchise besar seperti 'Star Wars: The Mandalorian: The Manga' milik Yusuke Osawa.

Serial ini merupakan karya dari Ryoko Kui. Manganya pertama kali diterbitkan di majalah Harta milik Kadokawa pada bulan Februari 2014 dan berakhir pada September 2023.

Manga ini menceritakan tentang sekelompok petualang yang menyusuri Dungeon untuk menyelamatkan rekan setimnya. Karena tidak cukup perbekalan, mereka menggunakan monster sebagai bahan makanan untuk bertahan hidup.

Terdengar cukup mengerikan. Namun, plot tersebut dibalut ke dalam cerita yang ringan, karakter yang unik dan penuh intrik komedi di dalamnya. Serial ini menggabungkan petualangan dan juga masak-memasak.

'Delicious in Dungeon' sudah diadaptasi menjadi anime yang sekarang masih berjalan. Bagi MedForians yang penasaran, bisa menontonnya secara legal di Netflix, ya!

Kolase ilustrasi Anime Delicious in Dungeon (Foto: delicious-in-dungeon.com & YouTube KADOKAWAanime)

Apa itu Seiun Awards?

Seiun Awards merupakan ajang penghargaan untuk karya-karya dengan genre science-fiction yang sudah berjalan cukup lama. Salah satu yang terlama di Jepang. Tahun ini, merupakan perhelatan ke 55.

Setiap karya yang keluar sebagai pemenang, merupakan hasil voting yang dilakukan oleh partisipan dari acara Japan Science Fiction Convention. Waktu voting dimulai pada 23 April hingga 31 Mei 2024.

Ada total 57 judul karya yang berkompetisi untuk memenangkan sembilan kategori di ajang bergengsi ini. Berikut kategori beserta pemenangnya:

  1. Japanese Feature Film (Graf Zeppelin: The Airship of That Summer, karya Fumio Takano)
  2. Japanese Short Story (Our Monsters, karya Mikihiko)
  3. International Feature Film (Monster Conservation Society, karya John Scalzi)
  4. International Short Film (Solidity, karya Greg Egan)
  5. Media (Godzilla Minus One, karya Takahasi Yamazaki)
  6. Comics (Delicious in Dungeon karya Ryoko Kui)
  7. Art Division (Kia Asamiya)
  8. Non-Fiction (Sougen SF Bunko Comprehensive Commentary, karya Tokyo Sougensha Editorial Department)
  9. Free Category (Images of Japanese Giant Robots - Giant Robot Anime, Their Design and Visual Expressions)

Tag