X Produksi HP? Elon Musk: "Bukan Hal Yang Tak Mungkin"

Selepas mengecam Apple atas kerjasama dengan OpenAI dan berencana untuk melarang produk Apple di perusahaannya, Elon Musk kembali menjadi perbincangan atas ketertarikan untuk ekspansi ke pasar smartphone.

Selasa (11/6) kemarin, Elon terlihat menjawab cuitan prediksi bahwa X akan membuat ponsel sendiri. "Itu bukan hal yang tidak memungkinkan," jawab Elon.

Smartphone dengan Integrasi AI Buatan Sendiri?

Dalam cuitan lain, salah satu pengguna X menyarankan produksi "ponsel Grok dengan integrasi Grok".

Menjawab saran tersebut, Elon sepertinya akan serius kembangkan ide tersebut jika Apple integrasikan "woke nanny AI spyware" ke sistem operasi Apple. "Mungkin kami harus lakukan itu," tambahnya.

Grok merupakan model kecerdasan buatan (AI) buatan xAI, perusahaan Elon yang berfokus ke pengembangan AI. Melalui situs xAI, Grok berbeda dengan model AI lainnya karena "memiliki pengetahuan dunia secara real-time melalui platform X" dan bersedia untuk "menjawab pertanyaan pedas yang ditolak sebagian besar sistem AI lainnya".

Grok dapat diakses melalui aplikasi X (sebelumnya Twitter), namun hanya tersedia bagi pelanggan Premium. Pengguna Grok dapat chat dan tanya jawab dengan Grok, seperti ChatGPT.

Ada Apa dengan Elon Musk dan Apple?

Senin (10/6) lalu, Apple umumkan integrasi OpenAI dalam lini sistem operasi terbaru dalam "Worldwide Developers' Conference 2024".

Hari itu juga melalui X, Elon mempertanyakan pilihan Apple untuk tidak mengembangkan model AI namun berkolaborasi dengan OpenAI, menyebut masalah privasi.

Mungkin saja, pengembangan smartphone X dengan integrasi Grok merupakan jawaban Elon bahwa perusahaan sebesar Apple sudah sepatutnya membuat model AI sendiri, jika benar-benar ingin menjamin keamanan data pengguna.