YouTube Kembangkan Fitur Sleep Timer Untuk Android

YouTube dirumorkan akan rilis fitur baru bernama sleep timer untuk aplikasi Android.

Fitur tersebut bukan menjadi masalah bagi pengguna iOS, karena mereka dapat mengatur timer untuk seluruh sistem yang otomatis mematikan semua pemutaran media jika melewati batas waktu tertentu.

Fungsi Sleep Timer

Sleep Timer memungkinkan pengguna mengatur waktu pemutaran video, sehingga pemutaran video akan berhenti secara otomatis setelah waktu yang ditentukan habis.

Fitur tersebut bermanfaat bagi pengguna yang kerap menonton video sebelum tidur. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna tidak perlu khawatir bahwa aplikasi akan terus memutar video sepanjang malam sampai kehabisan daya jika mereka tertidur.

Sebelumnya, fitur tersebut telah hadir di YouTube Music serta aplikasi streaming musik lainnya seperti Spotify, menurut Android Central.

Bukti yang Kuat

Bocoran fitur tersebut pertama kali ditemukan oleh ahli teknologi dan pengguna X, AssembleDebug, yang mengunggah tangkapan layar sleep timer di aplikasi YouTube versi beta melalui laporan Android Authority, Senin (24/6).

Bocoran Fitur Sleep Timer di Aplikasi YouTube (Foto: androidauthority.com).

Fitur tersebut tampaknya masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia secara luas untuk semua pengguna.

Alternatif Lainnya

Saat ini, pengguna Android dapat menggunakan plugin atau aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Chrome Web Store dan Google Play.

Selain itu, pengguna YouTube dihimbau untuk mematikan fitur autoplay (yang terletak di bagian atas video) agar pemutaran video berhenti setelah video berakhir.