ASUS Resmi Luncurkan Inovasi PC Minimalis Bertajuk Back to the Future di Indonesia, Apa Saja?

Teknologi 2 Jul 2024

ASUS Republic of Gamers (ROG) pemimpin teknologi global yang menyediakan perangkat dan komponen gaming paling intuitif di dunia pada hari ini, Selasa (2/7) resmi meluncurkan produk spesial berupa ekosistem PC bertema Back to Future (BTF). Melalui rangkaian produk ini, ASUS ingin memperkenalkan pendekatan perakitan PC tanpa kabel yang inovatif, mudah, dan clean.

Ekosistem komponen BTF ASUS merupakan opsi pendekatan rakit PC yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan semua kabel yang terhubung langsung ke motherboard, seperti kabel pemasok daya ke motherboard, penyambung drive SATA 2,5 inci, penyambung kipas casing, dan kabel penyambung tombol front panel dan port I/O. Motherboard BTF juga dilengkapi slot kartu grafis daya tinggi yang siap menyediakan semua daya yang dibutuhkan kartu grafis BTF.

Jajaran perangkat BTF ini meliputi komponen-komponen PC ROG & TUF seperti motherboard (ROG Maximus Z790 Hero BTF & TUF Gaming Z790-BTF WiFi), kartu grafis (ROG Strix GeForce RTX™ 4090 BTF Edition & TUF Gaming GeForce RTX™ 4070 Ti SUPER BTF White Edition), serta chassis (ROG Hyperion GR701 BTF Edition & TUF Gaming GT302 ARGB).

Selain itu, ASUS juga telah bermitra dengan berbagai nama besar dalam industri case PC untuk menciptakan BTF Alliance. Melalui kemitraan ini, pengguna memiliki beragam pilihan case PC yang sepenuhnya kompatibel dengan motherboard ASUS BTF. 

“ASUS ingin memberikan pengalaman baru kepada para pengguna dengan menyembunyikan konektor di bagian bawah motherboard sehingga memberikan kemudahan manajemen kabel yang lebih rapi dan tampilan PC yang lebih estetik serta minimalis,” kata ASUS OPBG Business Development Manager / Country Leader, Kris Ardianto melalui rilis pers yang diterima Redaksi.

“Kami yakin ekosistem BTF bisa menjadi pendekatan baru dan fresh dalam lanskap PC DIY,” lanjut beliau.

Tidak hanya memberikan kesan clean & minimalist look, komponen-komponen ekosistem BTF dari ASUS juga menawarkan serangkaian fitur yang canggih, seperti slot PCIe 5.0 x16 dan konektor dual Thunderbolt™ 4 pada motherboard ROG, serta heatsink premium dan port USB Type-C 20 Gbps pada motherboard TUF.

Sedangkan kedua kartu grafis ROG dan TUF BTF Edition sama-sama dilengkapi Graphics Card High-Power (GC-HPWR) Gold Finger, yaitu konektor yang mampu menghantarkan daya hingga 600W, fitur ini menghilangkan konektor daya eksternal yang biasanya terlihat untuk tampilan yang lebih bersih. Desain ini juga menambah dukungan struktural, mencegah turunnya kartu grafis, dan memastikan setup yang ramping dan efisien.

Di luar ekosistem BTF, ASUS ROG juga secara resmi memperkenalkan varian mouse terbaru dari seri Keris-nya bernama ROG Keris II Ace. Mouse ini adalah mouse gaming ergonomis ultra-ringan seberat 54 gram dengan bentuk yang telah diuji oleh pemain pro FPS.

Dilengkapi dengan fitur Tri-mode connectivity yang memberikan fleksibilitas koneksi (via bluetooth, 2.4 Hz dongle, atau kabel), ROG Omni receiver, dan teknologi nirkabel ROG SpeedNova, Keris II Ace mampu meningkatkan performa gaming lebih jauh dengan ROG Polling Rate Booster, yang mendukung polling rate hingga 4.000 Hz dalam mode nirkabel dan hingga 8.000 Hz dalam mode kabel.

Komponen motherboard dan kartu grafis spesial BTF Edition ini dijual secara bundling dengan jumlah yang terbatas di Indonesia mulai dari harga 20 jutaan untuk seri TUF dan 50 jutaan untuk seri ROG, sedangkan ROG Keris II Ace bisa dipinang mulai dari harga 1,8 jutaan saja.

Adapun untuk chassis spesial BTF Edition dibanderol mulai harga 2 jutaan untuk TUF dan 7 jutaan untuk ROG. Para PC enthusiast dapat melakukan pemesanan mulai dari 2 Juli 2024. Komponen-komponen spesial ini juga akan tersedia dan bisa didapatkan dalam waktu dekat lewat ROG Flagship Store ataupun partner-partner pilihan ASUS ROG.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.