Poster promosi. Foto: Press Release

AVIOT Kolaborasi dengan Shoji Kawamori Luncurkan Inisiatif Mobilitas Baru: Proyek Ridepiece AVIOT!

Pop Kultur 5 Jul 2024

AVIOT, dioperasikan oleh Preseed Japan Corporations, telah mengumumkan peluncuran proyek pengembangan produk mobilitas baru bertajuk “AVIOT Ridepiece Project” bekerja sama dengan Shoji Kawamori, seorang sutradara anime, desainer mekanik, dan vision creator.

Untuk proyek ini, Shoji Kawamori bertanggung jawab atas desain visual, dan AVIOT bertanggung jawab atas pengembangan.

Poster promosi. Foto: Press Release

Pengembangan saat ini sedang dilakukan untuk meluncurkan produk pertama, kickboard elektrik KB-S350, pada tahun 2025. Produk ini sedang dikembangkan untuk memenuhi standar keselamatan untuk sepeda bermotor kecil tertentu yang luar biasa.

Menampilkan bentuk yang ramping tanpa elemen yang tidak perlu, sekaligus menggabungkan desain mekanis ke setiap komponen.

Desain ini merangkum inovasi, fungsionalitas, dan daya tarik desain mekanis Jepang, menawarkan nilai pengguna baru yang tidak ditemukan pada produk mobilitas elektrik yang sudah ada.

Visual utama untuk proyek ini digambar oleh Risa Ebata, yang bekerja dengan Shoji Kawamori sebagai desainer karakter pada anime populer Macross F.

Ilustrasi menakjubkan ini menangkap kerumitan produk sekaligus membangkitkan kesan kecepatan.

  • Desain dan Spesifikasi Produk KB-S350
Visual KB-S350. Foto: Press Release
Visual KB-S350. Foto: Press Release

Area stang dirancang untuk menghadirkan siluet ramping dan mutakhir yang melambangkan kendaraan tersebut, sekaligus memastikan visibilitas panel instrumen.

Visual KB-S350. Foto: Press Release

Penutup depan terintegrasi dengan pegangan, dirancang untuk memudahkan penanganan, dan menggabungkan elemen desain simbolis yang khas seperti celah dan tiga lubang.

Visual KB-S350. Foto: Press Release

Selain itu, KB-S350 memiliki fitur 3-Way Variable Stand asli dari AVIOT, yang menawarkan keserbagunaan dengan tiga mode: sebagai tas touring yang memungkinkan Anda menaruh tas kecil, dudukan vertikal untuk penyimpanan tegak, dan dudukan keamanan untuk mencegah pencurian selama parkir.

Mekanisme ini memberikan gambar yang stylish namun kokoh.

Visual KB-S350. Foto: Press Release
  • Talk Show untuk Commemorate Project Launch

AVIOT akan memamerkan prototype KB-S350 di Anime Expo 2024, yang berlangsung di Los Angeles, AS, mulai 4 hingga 7 Juli. Sebuah talk show yang menampilkan Shoji Kawamori akan diadakan untuk merayakan peluncuran proyek tersebut.

AVIOT × Shoji Kawamori Ridepiece Project Release Commemorative Talk Show

Tanggal dan Waktu: 10:30 - 11:30 pagi pada 5 Juli 2024

Tempat: Los Angeles Convention Center (California, USA)

Entertainment Hall E-140, AVIOT Booth

Selain itu, Shōji Kawamori mengkonfirmasi pada event panel tanya jawab di Anime Expo pada Kamis (4/7), ia sedang mengarahkan film anime baru yang dijadwalkan untuk awal 2025.

Ia menambahkan, film ini belum diumumkan di Jepang. Rencana perilisan di Jepang, namun ia berharap orang-orang di luar negeri juga dapat menonton film tersebut.

Kawamori juga merupakan salah satu dari 10 co-produser World Expo 2025, pertama kalinya Osaka menjadi tuan rumah dalam lebih dari lima dekade. (Kawamori menyebut World Expo pertama di Osaka yang menginspirasi penjelajahannya seumur hidup terhadap budaya dunia, sains, dan fiksi ilmiah.)

Paviliun Live Earth Journey akan menampilkan teknologi interaktif terkini "untuk membuat pengunjung menyadari bahwa mereka adalah bagian dari ekosistem."

Secara khusus, Kawamori menuturkan, meskipun menghindari meninjau kembali cerita-cerita sebelumnya dalam format yang sama, ia terbuka untuk mengeksplorasi cerita-cerita tersebut dalam format baru, seperti secara hipotetis menyajikan adegan klimaks dari cerita Macross seperti yang direncanakan untuk World Expo 2025.

Trailer Live Earth Journey | Sumber: YouTube

Kawamori bisa dibilang paling terkenal sebagai perencana kreatif utama dalam serial anime The Super Dimension Fortress Macross.

Dia merancang sebagian besar mekanisme transformasi Variable Fighter yang ikonik, dan mengawasi sebagian besar bagian utama dalam franchise, termasuk yang terbaru, Macross Delta.

Kawamori juga menciptakan seri AKB0048 dan menjadi direktur utama Jūshinki Pandora di Satelight, studio anime di mana dia menjabat sebagai direktur dewan.

Dia telah bekerja dalam produksi anime sebagai sutradara, penulis skenario, desainer mekanik, dan storyboarder.

Profil Shoji Kawamori

Shoji Kawamori. Foto: Press Release

Vision Creator, Sutradara Anime

Dikenal sebagai salah satu pencipta asli SUPER DIMENSION FORTRESS MACROSS, Shoji Kawamori telah terlibat dengan franchise ini sejak serial televisi aslinya pada 1982.

Pada 1984, ia memulai debut sutradara dengan SUPER DIMENSION FORTRESS MACROSS: DO YOU REMEMBER LOVE? pada usia 23 tahun. MACROSS akan terus memberikan dampak yang besar dan bertahan lama, dan pengaruhnya dirasakan di seluruh dunia.

Selain MACROSS, Shoji Kawamori juga telah membuat berbagai anime original, antara lain GENESIS OF AQUARION, SPRING AND CHAOS, EARTH GIRL ARJUNA, dan masih banyak lagi.

Karyanya yang luas juga mencakup kontribusi kreatif pada Battle Convoy DIACLONE (Optimus Prime TRANSFORMERS), THE VISION OF ESCAFLOWNE, GUNDAM 0083: STARDUST MEMORY, GHOST IN THE SHELL, ARMORED CORE, THUNDERBIRDS ARE GO, dan CALL OF DUTY®: MOBILE.

Kemudian, pada 2020, ia ditunjuk sebagai produser proyek tematik untuk WORLD EXPO 2025, OSAKA, KANSAI, JEPANG.

AVIOT

Hadir pada 2018 sebagai merk asli Preseed Japan Corporation, bertujuan menghadirkan produk yang menampilkan produk Jepang berkualitas tinggi dalam suara, desain halus dan indah, serta produk elektronik yang mudah digunakan.

Pada 2023, merk ini memulai kembali dengan menambah A Visionary Innovation On Technology pada namanya, bertujuan untuk menjadi merk perangkat elektronik yang melampaui kerangka produk audio-visual.

Visinya adalah menghadirkan inovasi melalui kekuatan teknologi dan memberikan “sesuatu yang mengubah hidup Anda” kepada pelanggan.

Informasi Perusahaan:

  • Nama Perusahaan: Preseed Japan Corporation
  • Representatif: CEO Pendiri, Hirokazu Tsuchiyama
  • Alamat: 4-16-7 Sendagaya, Shibuya-ku, Tokyo 151-0051, DT Building 3F
  • Aktifitas Bisnis:

1) Memproduksi, mengimpor, dan menjual peralatan audio nirkabel dan produk terkait IoT

2) Mengimpor dan menjual aksesoris ponsel

3) Mengelola website e-commerce

■Official Website AVIOT

https://aviot.jp

■Akun X resmi AVIOT

https://x.com/AVIOT_JP

■Akun Instagram resmi AVIOT

https://www.instagram.com/aviotjapan

■Akun TikTok resmi AVIOT

https://www.tiktok.com/discover/AVIOT

Tag