Berikut 5 Perangkat Audio Gaming Wajib untuk Suara Jernih dan Akurat

Bermain game tidak lengkap tanpa audio yang jernih dan jelas. Alat audio seperti speaker, headset, atau noise-cancelling sangat penting untuk mendengar instruksi dari aplikasi dan teman bermain.

Alat audio juga membantumu memberikan instruksi dengan jelas sehingga permainan berjalan mulus tanpa ada salah paham. Berikut beberapa rekomendasi alat audio game untuk suara yang jernih dan berkualitas.

JBL Quantum Gaming Headset

JBL Quantum series menawarkan banyak varian gaming headset yang patut dicoba, di antaranya adalah seri 800, 610, dan seri One Over-Ear. Seri quantum menjadi salah satu produk terbaik untuk mendapat kualitas suara yang akurat dan mendalam.

Setiap seri JBL Quantum dilengkapi dengan mikrofon flip-up sehingga memudahkan kamu berinteraksi dengan pemain lain. Adapun harga yang ditawarkan berkisar antara Rp800.000 hingga Rp4.500.000.

Turtle Beach Stealth Pro

Turtle Beach Stealth Pro adalah salah satu alat audio gaming terbaik di kelasnya yang dibandrol dengan harga Rp5 jutaan. Dengan teknologi Active Noise Cancellation, headphone ini dapat mengurangi kebisingan latar hingga 25 dB.

Selain itu, daya tahan baterai Stealth Pro juga cukup lama yang dapat bertahan hingga 12 jam. Kamu bisa memilih dari dua versi yang tersedia untuk PC/Xbox atau PC/PS4/PS5. Keduanya dapat dihubungkan langsung melalui Bluetooth.

Razer Opus Wireless

Headphone Nirkabel Razer Opus juga bisa menjadi pilihanmu untuk mendapat kualitas suara terbaik saat bermain game. Headphone ini memiliki fitur Active Noise Cancellation dan sertifikasi THX untuk suara akurat dan jernih.

Kamu juga bisa menyesuaikan tingkat noise-cancelling sesuai kebutuhan. Terdapat juga tombol ANC untuk mendengar lebih banyak kebisingan saat diperlukan. Headphone ini dapat disambungkan dengan Bluetooth. Namun, penggunaan dengan Xbox dan PS 5 harus menggunakan kabel.

Asus TUF Gaming H3

Jika kamu mencari headset gaming yang sederhana dengan kualitas di atas rata-rata, Asus TUF Gaming H3 bisa menjadi pilihan yang tepat. Memiliki desain yang ringan, Asus TUF juga dilengkapi dengan bantalan telinga dan rangka tahan lama untuk kenyamanan maksimal.

Headset ini bisa menjadi opsi alat gaming terjangkau dengan kisaran harga Rp700 ribu - Rp800 ribuan di ecommerce maupun offline store. Kamu bisa menggunakannya di PC, PS4, PS5, Xbox, Nintendo, dan ponsel. Kamu juga bisa memakainya selain untuk bermain game, seperti menonton video di YouTube, Netflix, dan lain-lain.

Asus ROG Cetra II

Jika kamu sering main game di ponsel, penggunaan headphone mungkin kurang nyaman karena bentuknya yang bulky. Kamu bisa menggunakan earbuds Asus ROG Cetra II sebagai penggantinya. 

Earbuds Asus menjamin kenyamanan dan kualitas suara saat bermain game. Terdapat fitur karet silikon, Active Noise Cancellation, dan pencahayaan RGB yang dapat disesuaikan. Harganya berkisar antara Rp800 ribu hingga Rp1.500 juta di ecommerce.

Kesimpulan

Beberapa rekomendasi alat audio gaming di atas merupakan merek-merek terbaik di kelasnya. Tak heran jika harga yang ditawarkan cukup tinggi karena kualitas dan fitur high-end yang diberikan untuk para gamers.

Harga yang ditawarkan tentunya juga setara dengan kualitasnya. Opsi-opsi tersebut dapat menjadi investasi jangka panjang untuk kamu. Meskipun digunakan sehari-hari, rekomendasi di atas tidak akan cepat rusak.

Catatan redaksi: Artikel ini merupakan artikel tamu dari Andre Oentoro, co-founder dari Milkwhale, yaitu salah satu agensi infografis internasional.