Sony Music Japan dan Bandai Namco (Foto: foursquare.com, westlineschool.org).

Digugat Sony Music Japan dan Bandai Namco, Situs Hikari No Akari Tutup

Pop Kultur 8 Jul 2024

Situs distributor musik ilegal yang sudah lama dikenal kalangan penggemar budaya pop Jepang, Hikari no Akari, tiba-tiba ditutup sejak Kamis (4/7) lalu setelah menjadi target gugatan dari Sony Music Japan dan Bandai Namco atas pelanggaran Digital Millennium Copyright Act (DMCA).

Sebelumnya, kedua label tersebut mendorong perusahaan hosting situs web Cloudflare untuk take down situs Hikari no Akari serta mencari pemilik situs tersebut, menurut laporan Music Business Worldwide, Kamis (4/7).

Situs Hikari no Akari Sudah Tutup per 8 Juli 2024 (Foto: Dokumentasi Pribadi).

Per Juli 2024, situs Hikari no Akari telah berdiri selama lebih dari 10 tahun, dan meraup lebih dari 1 juta pengunjung per bulan.

Pernyataan dari Hikari no Akari

Dilansir dari Digital Music News, penutupan situs Hikari no Akari juga diumumkan oleh salah satu pengguna Discord yang diduga terlibat dengan situs tersebut. Berikut adalah terjemahan pesan yang disampaikan:

Hai semuanya. Dengan sangat menyesal saya memberi tahu kalian bahwa karena alasan tertentu, kami akan menutup situs web utama dan layanan terkait.

Kami akan sembunyikan [situs tersebut] untuk sementara, tetapi kami akan terus memperbarui secara berkala, seperti yang dinyatakan dalam pengumuman sebelumnya.

Kami mohon maaf atas berita ini dan berharap kalian dapat memahami bahwa ini adalah tindakan yang tidak akan kami ambil jika tidak diperlukan. Kami akan memberi tahu bagaimana musik musiman akan dibagikan mulai sekarang.

Berlanjut di Discord

Namun, aktivitas Hikari no Akari sepertinya belum berhenti di sini. Menurut Torrent Freak, Hikari no Akari juga memiliki server Discord tertutup yang jarang membuka diri ke anggota baru.

“Discord mereka seperti portal antardimensi yang hanya terbuka selama penyelarasan planet tertentu,” tulis salah satu pengguna Reddit.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.