Team Thorrad (Foto: Instagram/@teamthorrad)

[FFWS ID 2024 Fall] Berhasil Lolos dari Fase Knockout, Apa Sebenarnya Struggle dari Thorrad?

Gaming 24 Jul 2024

Fase knockout dari Free Fire World Series Indonesia (FFWS ID) Fall 2024 telah berakhir pada Sabtu (29/7) lalu. Bigetron Delta berhasil menguasai puncak klasemen dengan perolehan poin sebanyak 627 yang disusul oleh Kagendra dengan poin sebanyak 556 dan MBR Epsilon dengan total poin sebanyak 552.

Salah satu tim yang menarik perhatian adalah Thorrad, pernah berjaya sebagai juara FFML Season 8, pada awal babak penyisihan FFWS ID Fall 2024 ini Thorrad nampak kesulitan untuk menembus posisi aman, yaitu 12 besar. Di akhir babak penyisihan ini, Thorrad berhasil lolos menuju babak point rush dengan menempati peringkat ke-10 dengan perolehan poin sebanyak 324 poin.

Di salah satu sesi wawancara media, kami sempat berbincang dengan Thorrad mengenai kesulitan yang mereka hadapi di FFWS ID 2024 ini, dan solusi yang mereka temukan untuk menghadapinya.

Roster Adalah Masalah Utama

Bukanlah kabar baru bahwa Thorrad yang dulu pernah mendominasi, telah ditinggal oleh beberapa pemain kuncinya. Pemain yang dulu pernah menjadi bagian dari Thorrad, seperti Darkol kini menjadi bagian dari Kagendra yang menduduki peringkat ke-3 dari fase knockout.

Pemain-pemain yang kini membela Thorrad adalah pemain-pemain yang berasal dari tim komunitas. Merepresentasikan Thorrad, Coach Manted menyebutkan bahwa minimnya waktu adalah masalah utama dari performa Thorrad pada FFWS ID Fall 2024 kali ini.

Coach Manted menyebutkan bahwa Thorrad baru mendapat roster yang final 10 hari sebelum FFWS ID Fall 2024 dimulai yang membangun chemistry dan melatih para pemainnya sulit untuk dilakukan.

Hal paling utama yang dirasa tidak memuaskan bagi Thorrad adalah makro dari setiap pemainnya yang Coach Manted sebutkan butuh waktu minimal tiga bulan untuk dilatih secara baik.

“Mikro udah bagus, sedangkan makro minimal latihnya 3 bulan. Jadi dari H-10 kita fokus untuk mengasah makronya mereka.”

-Coach Manted

Meski Demikian, Thorrad Berhasil Bangkit dan Lolos

Nasib Thorrad di FFWS ID Fall 2024 awalnya memang tidak terlihat baik, namun Thorrad berhasil bangkit. Perolehan poin yang dikumpulkan oleh Thorrad di minggu kedua FFWS ID Fall 2024 tergolong cukup memuaskan, terlebih melihat performa Thorrad di hari ke-9, di mana Thorrad berhasil meraup 92 poin yang mengamankan posisi mereka di babak point rush nanti.

Coach Manted menyebutkan bahwa strategi utama Thorrad adalah untuk bermain secara lepas dan raup poin sebanyak mungkin.

“Main lepas, jangan anggap ini turnamen ofisial, kalau ada musuh tabrak aja. Harus dapat poin.”

- Coach Manted

Keseruan FFWS ID 2024 Fall masih akan terus berlanjut di babak point rush. Ikuti dan dukung tim favoritmu di kanal YouTube FF Esports ID!

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Student, writer, nerd.