Fiat Grande Panda, model terbaru sekaligus lini terjangkau dari FIAT. (Foto: FIAT via ArenaEV)

Fiat Grande Panda Dikonfirmasi akan Jadi Model EV Terjangkau

Otomotif 15 Jul 2024

Sudah hampir sebulan semenjak pabrikan asal Italia, FIAT mengumumkan model terbarunya, Grande Panda, ke khalayak ramai.

Model yang berbagi platform dengan saudaranya, Citroen e-C3 ini diposisikan sebagai model entri dari berbagai lini kendaraan FIAT di Eropa, seperti FIAT 500, FIAT 600, dan FIAT Tipo, tak lupa dengan model performa Abarth sebagai model teratasnya.

Menjadi Model Terjangkau FIAT

Mengutip dari ArenaEV pada Jum'at (12/7) lalu, CEO Fiat Olivier Francois, mengungkapkan bahwa generasi terbaru yang dinamai Grande Panda ini akan dibanderol dengan harga di bawah €25.000 (sekitar Rp438 Juta), rentang harga yang sama seperti saudaranya, e-C3.

https://classics.honestjohn.co.uk/media/_v6/6116796/Fiat%20Panda%201980%20(1).jpg?width=640&height=426&rmode=crop
Generasi awal Fiat Panda. (Foto: Honest John Classics)

Terinspirasi dari generasi awal Fiat Panda dengan bentuk yang cenderung mengotak, Fiat Grande Panda ini mengombinasikan garis desain klasik dengan sentuhan modern.

Meskipun tarikan garisnya yang bagi sebagian orang terlihat unik, lucu dan menggemaskan, namun Fiat Grande Panda ini termasuk model yang cukup besar, dengan panjang yang mencapai 3,99 m.

https://cdn.motor1.com/images/mgl/JOBMrJ/s1/2025-fiat-grande-panda.webp

Dibekali dimensi lebih panjang 300mm dari Fiat Panda yang beredar saat ini, serta 600 mm dari model klasik, Grande Panda ini dibangun pada platform CMP yang serupa dengan saudaranya, Citroën ë-C3 dan Vauxhall Frontera.

Mulai Tersedia Musim Gugur Mendatang

Bagi MedForians yang ingin membeli model terbaru Fiat ini nampaknya harus sedikit bersabar, karena Fiat Grande Panda baru akan tersedia pada musim gugur ini, dengan peluncuran pertama di regional Prancis dan Italia.

Mobil ini nantinya akan dibuat di pabrik Stellantis di Kragujevac, Serbia dengan produksi yang akan dimulai pada paruh kedua bulan ini.

Fiat Grande Panda ini diharapkan Fiat untuk menggantikan model 500L di jajaran produknya, serta sebagai strategi Fiat dan induknya Stellantis mencegah invasi mobil listrik China terjangkau yang kian membanjiri pasar Eropa.

https://cdn.motor1.com/images/mgl/BXeweA/s1/fiat-grande-panda-2024.jpg
Interior dari Fiat Grande Panda. (Foto: FIAT via Motor1)

Berkat platform bersama, pihak Stellantis kedepannya akan meluncurkan 13 model baru lainnya yang disebar ke berbagai merek dibawah naungan Stellantis tersebut, salah satunya FIAT yang akan menggunakannya untuk empat mobil lainnya, dimulai dengan model Grande Panda ini.

Fiat Grande Panda dibekali baterai 44 kWh dan motor 83 kW (sekitar 111 dk), yang dapat membawa mobil ini hingga jarak 320 km dalam sekali pengecasan. Sama seperti saudaranya, e-C3, model ini juga dibekali pengisian daya DC 100 kW, dengan klaim pengisian dari 20 - 80 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.