Model SUV elektrik terbaru Ford untuk pasar Eropa, Ford Capri. (Foto: Ford)

Ford Capri Kembali Lahir Sebagai Crossover EV

Otomotif 11 Jul 2024

Bagi MedForians penggemar gim bergenre racing atau balapan, terutama pemain gim simulasi seperti seri Forza Horizon, salah satu mobil ikonik yang ada pada gim tersebut ialah Ford Capri.

Mobil yang tenar di tahun 70 dan 80-an ini merupakan mobil berjenis pony car dengan karakteristik utama yakni kubikasi mesin yang besar.

Menggunakan Nama Ikonik

Tidak seperti saudaranya Ford Mustang, mesin yang disematkan di berbagai generasi Ford Capri ini lebih ekonomis, dengan dibekali mesin 4 silinder berkonfigurasi segaris (I-4) maupun V (V-4), dan V-6 pada versi tertingginya, terkecuali pada generasi pertama yang disematkan pada Capri untuk pasar Australia dan Afrika Selatan.

https://storagegohistorics.blob.core.windows.net/stock/5643-0.jpg?v=63847397724470
Ford Capri 1.6 GT generasi pertama. (Foto: Historics Auctioneers)

Dengan munculnya berbagai tren dalam dunia otomotif yang menghidupkan kembali nama-nama ikonik, alih-alih menjadi model coupe dua pintu seperti para pendahulunya, Ford Capri 2024 muncul sebagai model crossover listrik.

Melansir dari laman CarThrottle pada Rabu (10/07), Ford Capri terbaru ini dibangun pada platform MEB milik Volkswagen Group, serupa dengan Explorer EV yang dipasarkan di Eropa.

Ford Capri 2024. (Foto: Ford)

Sama seperti saudaranya, Ford Explorer EV yang merupakan VW ID.4 dengan balutan desain ala Ford, Ford Capri ini mengambil garis desain ID.5, dengan sedikit ubahan retro dan sporti.

Spesifikasi dan Desain

Direktur desain Ford Eropa, Amko Leenarts, mengatakan pada TheVerge bahwa tampilan ini mengikuti evolusi desain Capri sebelumnya, sejak produksinya berakhir pada tahun 1986, dengan membalutnya dalam bodi SUV.

Capri yang lebih kekar ini mengikuti bentuk modern Ford lainnya yang menggunakan papan nama klasik, termasuk Mustang, yang telah berevolusi menjadi SUV listrik, serta Maverick, yang berakhir sebagai truk pikap double cabin.

https://static.cdn.circlesix.co/styles/img_900_webp/s3/uploads/2024-07/2024Ford_ElectricCapri_07.jpg.webp?itok=b_G-y3s4
Interior Ford Capri 2024. (Foto: Ford)

Untuk urusan dapur pacu, Ford Capri 2024 dibekali dua pilihan penggerak yang serupa dengan saudaranya dari Volkswagen, yakni versi RWD dengan motor listrik tunggal bertenaga 282 dk, serta versi AWD yang dibekali motor ganda dengan tenaga 335 dk.

Motor listrik tersebut dikawinkan dengan baterai berkapasitas 77 kWh untuk versi RWD, dan baterai yang sedikit lebih besar, yakni 79 kWh untuk versi AWD nya.

Soal performa, versi RWD (Capri Select)dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 6.4 detik, sedangkan versi AWD (Capri Premium) sedikit lebih cepat dengan torehan waktu 5.3 detik.

Ford Capri terbaru ini akan dijual untuk pasar Eropa dengan banderol harga mulai dari $61.731 (sekitar Rp993 Juta) untuk versi terendah, dan $66.995 (sekitar Rp1,077 Miliar) untuk versi tertinggi.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.