Game gacha Revue Starlight: Re LIVE resmi akan ditutup pada 30 September 2024. | Foto: Ateam Inc, Bushiroad via X.com

Game Gacha Revue Starlight Re LIVE Umumkan End of Service

Gaming 31 Jul 2024

Salah satu game gacha besutan di bawah naungan Bushiroad kembali tumbang. Pada Rabu (31/7) "Revue Starlight Re LIVE" mengumumkan bahwa adaptasi game dari seri gadis panggung tersebut akan mengakhiri layanannya pada 30 September 2024.

Tidak hanya versi global saja, "Revue Starlight Re LIVE" akan berhenti beroperasi di semua server termasuk server Jepang, Korea, dan TW/HK.

"Revue Starlight Re LIVE" pertama dirilis di Jepang pada 22 Oktober 2018 untuk perangkat Android dan 28 Oktober 2018 untuk perangkat iOS. Versi global datang setengah tahun setelahnya yang dirilis pada 22 April 2019. Pengumuman ini menandakan akhir dari 5 tahun perjalanan para gadis panggung di dunia game gacha.

Gameplay dari "Revue Starlight Re LIVE" | Foto: Ateam Inc, Bushiroad via Play Store

Pesan Dari Produser

Beserta dengan pengumuman ini, produser dari "Revue Starlight Re LIVE", Ryu Nasuda, menyampaikan sebuah pesan di situs resminya. Dalam pesan tersebut, Ryu Nasuda mewakili segenap timnya untuk menyampaikan terima kasih atas dukungan dari penggemar yang berkelanjutan selama 5 tahun kebelakang.

Namun setelah pertimbangan yang dilakukan secara saksama, tim "Revue Starlight Re LIVE" memutuskan untuk mengakhiri layanan game. Ryu Nasuda juga menjabarkan event dan konten yang akan datang ke "Revue Starlight Re LIVE" sebelum tanggal 30 September tiba.

Foto: Ateam Inc, Bushiroad via Play Store

Sebagai ucapan terima kasih, pemain akan mendapatkan banyak Star Gems setiap harinya, gacha 10x gratis hingga 600 kali, garansi gadis panggung baru di gacha Step 5, syarat stamina dari mode-mode yang ada di game akan di kurangi setengahnya, hadiah yang didapat di setiap mode-nya juga akan ditambah. Pemain juga dapat membaca story utama dan semua story event tanpa harus membukanya terlebih dahulu.

Dua gadis panggung Movie Encore akan dirilis pada bulan Agustus dan September mendatang yang digaransikan akan kamu dapatkan jika kamu melakukan pull dengan Star Gems yang didapat dari event Star Gems gratis yang didistribusikan setiap hari.

"Revue Starlight Re LIVE" juga mengunggah jadwal konten yang akan ditambahkan ke dalam game sebelum tutupnya layanan sebagai berikut:

Foto: Ateam Inc, Bushiroad

Menutup pesan tersebut Ryu Nasuda menyebutkan bahwa meskipun layanan "Revue Starlight Re LIVE" akan berakhir, kisah dari "Revue Starlight" akan terus berlanjut.

"Revue Starlight Re LIVE" mengusung gameplay yang serupa dengan game besutan developer Ateam Inc. lainnya, "Valkyrie Connect" dimana pemain mengendalikan para gadis panggung dari seri "Revue Starlight" dalam sistem combat berbasis turn-based untuk melawan makhluk misterius bernama Korosu.

"Revue Starlight Re LIVE" mengusung tipe combat turn-based | Foto: Ateam Inc, Bushiroad via Play Store

Selain karakter-karakter yang berasal dari anime-nya, "Revue Starlight Re LIVE" juga berisi karakter-karakter orisinal. Meskipun karakter-karakter tersebut tidak hadir di seri anime-nya, karakter-karakter seperti yang berasal dari sekolah "Siegfeld Institute of Music" tetap hadir di proyek multimedia Revue Starlight lain seperti teater.

Komentar dari Ryu Nasuda menarik perhatian kami, mengingat kisah para gadis panggung dari Seisho Music Academy, karakter-karakter yang membintangi seri anime "Revue Starlight", telah berakhir di film sekuel-nya, "Revue Starlight: The Movie". Perlu diingat bahwa "Revue Starlight" memiliki kisah dan timeline yang berbeda untuk setiap iterasinya dalam bentuk anime, teater, dan game.

Apakah seri Revue Starlight akan terus berlanjut dengan sekolah serta karakter-karakter yang ada di "Revue Starlight Re LIVE"? Bagaimana menurut #MedForians?

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Student, writer, nerd.