Mobil Afeela, Kolaborasi Sony dan Honda (Foto: entrepreneur.com).

Hadapi Persaingan dari Tiongkok, Sony-Honda Turunkan Biaya Produksi Mobil Listrik

Otomotif 11 Jul 2024

Lini mobil listrik Honda 0 dan Afeela, merek kerjasama Sony dan Honda, dikabarkan akan menggunakan sumber daya serta arsitektur yang sama untuk memotong biaya serta mempercepat proses produksi.

Hal tersebut menjawab persaingan harga mobil listrik dari Tiongkok, menurut laporan Nikkei Asia Sabtu (6/7) lalu.

Bedanya, Honda 0 akan targetkan masyarakat luas, sedangkan Afeela merupakan mobil listrik premium. Biasanya, arsitektur mobil umum dan kelas atas berlainan karena ada perbedaan performa. Namun, Volkswagen-Porsche dan Toyota-Lexus telah terapkan persamaan arsitektur meskipun menargetkan kelas yang berbeda.

Honda 0, EV Futuristik Honda

Honda 0, lini mobil listrik yang diumumkan pada awal tahun 2024, diperkirakan akan dijual seharga sekitar $40.000 dolar AS. Lini tersebut akan targetkan masyarakat umum dengan beberapa model luxury. Mobil Honda 0 akan rilis secara perlahan sampai tahun 2031.

Perkenalan Lini Honda 0 di CES 2024, Las Vegas, AS (Foto: autonews.com).

Semua model Honda 0 dipastikan akan melampaui 480 km dalam sekali pengisian daya, dengan kerangka yang ringan, baterai yang tipis, dan e-axle yang kompak, menurut Arena EV.

Afeela, EV Premium Sony-Honda

Afeela merupakan merek mobil listrik produksi Sony Honda Mobility, perusahaan patungan Sony dan Honda yang didirikan tahun 2022 silam. Mobil pertama Afeela merupakan sedan yang akan rilis tahun 2026, dan dikabarkan bahwa Afeela juga tengah kembangkan SUV. Afeela targetkan kelas atas dengan harga yang lebih tinggi daripada Honda 0.

Bermain Gim PlayStation di Mobil Afeela (Foto: motortrend.com).

Kelebihan Afeela terletak di fitur dan pengalaman pengguna (user experience). Contohnya, Afeela akan memiliki fitur konektivitas dengan PlayStation, sehingga pengguna dapat bermain gim PlayStation yang ia punya di mana saja.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.