Model sedan mewah terbaru BYD, BYD Yangwang U7 (Foto: CarNewsChina)

Jelang Peluncurannya, BYD Yangwang U7 Terlihat "Nongkrong" di Showroom

Otomotif 11 Jul 2024

Setelah mengumumkan model sedan mewah mereka di ajang Beijing Auto Show akhir April lalu, produsen otomotif asal Tiongkok, BYD nampaknya sudah mulai memajang model sedan tersebut tepat sebelum peluncurannya, mengutip dari CarNewsChina pada Selasa (9/7) kemarin.

Diberi nama Yangwang U7, sedan mewah yang diposisikan sebagai "sedan flagship dengan energi terbarukan" ini menandai langkah penting bagi BYD dalam memperluas lini produk premiumnya.

Eksterior dari BYD Yangwang U7 (Foto: CarNewsChina)

Desain dan Fitur Eksterior

Berbasis model supercar Yangwang U9, model sedan Yangwang U7 ini menampilkan desain yang elegan dan futuristik, dengan garis-garis yang terlihat tegas.

Sama seperti kakaknya, Yangwang U7 yang menggunakan platform e4 ini turut disematkan teknologi suspensi canggih DiSus-Z, yang menggunakan motor elektrik di tiap roda sebagai pengganti suspensi hidrolis konvensional.

Dengan pengaturan suspensi yang dapat diatur hingga per 10 milidetik, sistem motor listrik ini menawarkan rasa berkendara yang lebih mulus dan kemampuan pemulihan energi, sangat krusial dengan bobot mobil ini yang mencapai 3,095 ton.

Desain eksteriornya dirancang untuk menarik perhatian dan memberikan aura eksklusivitas, dengan drag coefficient yang diklaim hanya 0.195 Cd, Yangwang U7 ini menjadi sedan yang sangat aerodinamis dibandingkan model sekelasnya.

Secara visual, sedan Yangwang U7 ini memiliki kesamaan desain dengan supercar Yangwang U9, termasuk gugusan lampu depan berbentuk C yang berlebihan dengan strip LED dan garis rusuk pada kap mesin.

BYD Yangwang U9, model supercar yang menjadi basis dari Yangwang U7. (Foto: CarNewsChina)

Mobil ini memiliki panjang 5.265 mm, lebar 1.980 mm, dan tinggi 1.517 mm, dengan jarak sumbu roda 3.160 mm, yang mengklasifikasikannya sebagai sedan segmen D yang cukup besar.

Profil samping U7 menampilkan lekukan berbentuk A yang jelas yang meruncing menjadi garis pada pilar-C, sementara paha belakang lebih tinggi, mempertahankan penampilannya yang sporty.

Bak belakangnya dilengkapi dengan lampu tembus pandang yang diinterupsi oleh logo Yangwang dan spoiler yang dapat disesuaikan secara elektrik.

Tampilan samping BYD Yangwang U7. (Foto: CarNewsChina)

Secara fitur, Yangwang U7 juga memiliki dua pilihan spion, yang dapat dipilih oleh pembeli, yang menunjukkan bahwa opsi kamera mungkin disediakan untuk versi spesifikasi yang lebih tinggi.

Interior dan Kenyamanan

Masuk kedalam, interior dari Yangwang U7 ini menawarkan suasana mewah dan sarat teknologi dengan skema warna yang didominasi merah dan hitam, dekorasi krom, serta desain kokpit berbentuk T.

Di dalamnya terdapat kluster instrumen full digital, dengan layar kontrol pusat yang besar, serta layar hiburan untuk penumpang depan. Mobil ini juga dilengkapi dengan panoramic sunroof dan kaca spion elektronik opsional.

Spesifikasi BYD Yangwang U7

Urusan dapur pacu, sedan mewah BYD ini ditenagai oleh empat motor listrik di setiap roda, yang masing-masing menghasilkan 326 dk, dengan total 1.306 dk.

Dengan tenaga yang besar tersebut, tak heran jika mobil ini memiliki figur akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,9 detik saja, serta kecepatan puncak hingga 270 km/jam.

Selain tenaga yang buas, motor listrik dari sedan mewah BYD ini ditandemkan dengan baterai Blade 135,5 kWh khas BYD, yang dapat melaju hingga 800 km.

Dilengkapi Fitur Self-Driving Cerdas

Sebagai sedan flagship, U7 turut disematkan teknologi intelligent driving yang diberi nama TianShen.

Menggunakan tiga unit lidar, lima radar dengan teknologi millimeter-wave, serta 13 kamera yang tersebar di sekujur bodi, dan didukung oleh sistem komputasi dengan kekuatan hingga 508 TOPS.

Sistem canggih ini mendukung NOA (Navigation on Autopilot) perkotaan/jalan raya dan parkir otomatis, memastikan pengalaman berkendara yang canggih.

Sebagai sedan mewah, BYD Yangwang U7 ini akan dijual di berbagai showroom di Tiongkok dengan banderol RMB 1 Juta (sekitar Rp2,2 Miliar). Pembeli dapat langsung menyambangi berbagai dealer BYD yang tersebar di kota-kota besar di Tiongkok.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.