Visual Novel Katawa Shoujo Tuju Steam dan Itch

Menjadi salah satu visual novel yang direkomendasikan untuk pemula, Katawa Shoujo kini akan meraih lebih banyak hati. Karena visual novel legendaris tersebut akan menuju platform Steam dan Itch secara gratis!

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Suriko, salah satu mantan anggota tim Four Leaf Studios yang menulis rute Lily dan membantu menulis rute Hanako, melalui akun Twitter-nya.

Terlahir sebagai sebuah proyek ambisius dari situs imageboard 4chan yang rilis pada tahun 2012 lalu, Katawa Shoujo berhasil memikat hati para pembaca visual novel dengan kisah para penyandang disablitas yang tidak hanya diselimuti melankolia, namun juga kisah yang penuh dengan banyak harapan yang ditulis dengan rasa hormat yang tinggi untuk para penyandang disablitas.

Sebelumnya, kamu hanya bisa mengunduh Katawa Shoujo melalui situs resmi mereka baik secara langsung maupun via torrent. Dengan rilis ini, kamu akan dapat memainkan Katawa Shoujo dengan jauh lebih mudah.

Versi Katawa Shoujo yang akan dipublikasikan di Itch tidak akan berbeda dengan apa yang kamu dapat unduh melalui situs resmi Four Leaf Studios, namun versi Steam tidak akan memiliki konten dewasa/R18. Untuk itu, kamu dapat mengunduh patch R18 yang akan dipublikasikan melalui laman Itch mereka.

Suriko juga menyebutkan bahwa Katawa Shoujo akan hadir dalam bahasa Inggris, Jepang, Spanyol internasional, dan Prancis. Katawa Shoujo juga kompatibel dengan Steam Deck.

Four Leaf Studios juga berbagi sejarah mengenai pengembangan Katawa Shoujo melalui laman Itch mereka:

Tahun Baru 2007 seharusnya menjadi hari yang biasa untuk board anime dan manga /a/ di 4chan sampai pada 4 Januari, seorang Anonymous mengunggah halaman bonus dari doujin "Schuppen Harnische" oleh RAITA dari doujin circle "Zettai Shoujo", yang merinci seni karakter untuk simulasi kencan yang dia beri nama "Katawa Shoujo."

Entah bagaimana, ide jenius seorang Anonymous untuk mewujudkan ide permainan RAITA tersebut menyebar dengan cepat dan saran-saran mulai bermunculan, mulai dari cerita cinta yang lembut hingga fantasi seks yang bejat muncul dalam thread tersebut.
Visual Novel yang menyentuh ini, bermula sebagai angan-angan para Anonymous di 4chan | Foto: Four Leaf Studios
Ide gila untuk membuat sebuah game original, berdasarkan hanya satu gambar dan ide-ide sederhana yang ditulis RAITA di pinggir halaman, menggugah imajinasi para Anonymous untuk membuat sebuah proyek yang serius.

Segera, forum development dibuat dan untuk bulan-bulan berikutnya, ide-ide dan saran-saran mulai bertebaran, dengan orang-orang mencoba mengembangkan ide-ide mereka, menggambar seni sampel, menulis teks sampel, mencoba mengendalikan kekacauan dari puluhan orang yang berdebat dan berseteru tentang direksi game ini.
Penulisan dan representasi penyandang disabilitas di Katawa Shoujo terasa tasteful | Foto: Four Leaf Studios
Dari sana, orang-orang yang paling aktif memulai pengembangan game yang sebenarnya sebagai grup bernama Four Leaf Studios dan proyek ini benar-benar lepas landas pada musim panas tahun 2007.

Chapter terakhir Katawa Shoujo rilis pada tahun 2012. Selama lima tahun yang panjang, Four Leaf Studios bekerja keras pada proyek ini, dengan rilis yang terkadang terasa seperti tidak akan pernah datang. Namun, pada akhir 2011, akhirnya akhir dari proyek ini terlihat dan dorongan terakhir untuk menyelesaikan pengembangan game ini dimulai.

Pada 4 Januari 2012, Katawa Shoujo dirilis.

Katawa Shoujo akan rilis di platform Steam dan Itch pada 16 Agustus 2024 mendatang.