Google Play Store (Foto: androidpolice.com).

Mulai Akhir Agustus 2024, Google Hapus Aplikasi yang Langgar Ketentuan Play Store

Teknologi 23 Jul 2024

Juli ini, Google mengumumkan pembaruan Kebijakan Spam dan Fungsi Minimum dalam meningkatkan kualitas aplikasi di Play Store dengan menghapus ribuan aplikasi berkualitas rendah. Kebijakan tersebut akan efektif 31 Agustus 2024.

Melalui situs resmi Google Support, Google menekankan definisi aplikasi yang fungsional dan berkualitas. Tepatnya, sebuah aplikasi harus "stabil, responsif, dan menarik". Aplikasi yang tidak fungsional dan/atau tidak memiliki konten yang menarik tidak akan menerima izin terbit di Google Play.

Jenis Aplikasi yang Akan Dihapus

Contoh aplikasi yang tidak diizinkan dan akan dihapus dari Google Play termasuk aplikasi yang statis, aplikasi dengan konten yang sedikit seperti aplikasi wallpaper tunggal, serta aplikasi yang dirancang untuk tidak melakukan apa pun.

Contoh Antarmuka Aplikasi yang Tidak Responsif (Foto: support.google.com).

Aplikasi yang tidak responsif, tidak dapat diinstal, kerap untuk force close/crash, dan aplikasi berbahaya (mengandung malware) juga termasuk aplikasi yang dilarang.

Google Pernah Memperketat Kualitas Play Store

Sebelumnya, Google telah menghapus lebih dari 2,2 juta aplikasi yang melanggar kebijakan Google Play Store, melarang lebih dari 333 ribu penerbit aplikasi, serta menolak hampir 200 ribu pengajuan penerbitan aplikasi di Play Store dari Januari sampai April 2023.

Dengan pembaruan kebijakan Google Play Store, Google kini selangkah lebih maju dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna Android.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.