Chiaki Sato (Foto: Siaran Pers).

Musisi Jepang Chiaki Sato Rilis Single "Matatabi", Jadi Lagu Tema Film Ghost Cat Anzu

Pop Kultur 22 Jul 2024

Chiaki Sato, yang dikenal sebagai penyanyi band Kinoko Teikoku, telah rilis single solo baru bertajuk "Matatabi". Lagu tersebut ditulis khusus sebagai lagu tema film animasi "Ghost Cat Anzu".

Jaket Single "Matatabi" (Foto: Siaran Pers).

Lagu tersebut memiliki suasana santai dan suara gitar hangat yang meluluhkan hati. Liriknya penuh dengan nostalgia yang memberikan gambaran sedih musim panas di Jepang, seperti berjalan di jalan setempat, suara festival matsuri, dan minum soda ramune hangat di bawah sinar matahari.

Sebuah video lirik untuk "Matatabi" juga telah rilis Jumat (19/7) lalu.

Dibuat dengan cuplikan dari film tersebut, video liriknya dengan indah mencerminkan tema dari kata-katanya, mengundang pemirsa untuk membenamkan diri lebih dalam ke dunia lagu dan filmnya.

Film animasi "Ghost Cat Anzu" telah menarik perhatian para pecinta film di seluruh dunia dan terpilih dalam Director’s’ Fortnight yang bergengsi di Festival Film Internasional Cannes ke-77 serta kategori kompetisi Feature Film di Festival Film Animasi Internasional Annecy 2024.

"Matatabi" dapat didengar di berbagai platform streaming, termasuk Spotify dan Apple Music.

Profil Chiaki Sato

Chiaki Sato, penyanyi dan penulis lagu asal Iwate, pindah ke Tokyo saat ia duduk di bangku SMA untuk mengejar karirnya di bidang musik. Ia kemudian membentuk band Kinoko Teikoku dengan teman-teman kuliahnya.

Sato adalah vokalis, gitaris, dan penulis lirik band tersebut hingga mereka umumkan hiatus pada 27 Mei 2019. Sejak itu, Sato tampil sebagai artis solo.

Chiaki Sato (Foto: Siaran Pers).

Tanggal 28 Juni lalu, Sato rilis album ketiganya, "BUTTERFLY EFFECT". Ia terpilih sebagai salah satu artis bulanan untuk program Buzz Tracker dari Spotify dan TikTok, sedangkan 11 lagu dalam album tersebut termasuk "Yoru wo Loop", yang mencapai peringkat 1 di tangga lagu TikTok, dan "Time Machine", yang menyertakan sampel dari hit ikonik Utada Hikaru berjudul "Automatic".

Selain itu, lagu "Senkou Hanabi feat. Ikuta Lilas" menampilkan vokalis tamu Lilas Ikuta dari YOASOBI. Lagu tersebut mendapat peringkat tinggi di berbagai tangga lagu.

Karya Sato juga termasuk mengisi vokal untuk iklan dan lagu Ryohu, Haruno dan KERENMI, serta memproduksi lagu untuk Kamenashi Kazuya, Da-iCE, SCANDAL, Nana Mori, Shiritsu Ebisu Chugaku, dan lainnya. Sebuah video kolaborasi di mana Sato bergabung dengan komedian Naoki Matayoshi menulis lagu "Nichijou Mitaina" meledak ketika dirilis di YouTube.

Musik Sato populer tidak hanya di kalangan penggemar musik tetapi juga di antara sesama musisi, aktor, dan selebriti serta pelaku kreatif lainnya di Jepang. Melodinya menggabungkan berbagai genre musik namun tetap easy listening, dan pilihan lirik serta nyanyiannya yang anggun mengekspresikan seluk-beluk hati.

Sumber: Press Release

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.