Netflix Hilangkan Basic Plan, Paket Termurah Tanpa Iklan di Beberapa Negara

Bulan ini, Netflix akan hentikan langganan Ad-Free termurah, Basic Plan, di Inggris dan Kanada bagi pengguna yang sudah berlangganan, sesuai dengan sebuah pemberitahuan kepada pemegang saham Januari lalu.

Netflix juga memiliki rencana yang sama di AS, namun belum ada kepastian mengenai kapan Basic Plan akan dihentikan. Selain itu, belum ada informasi lebih lanjut mengenai rencana pemberhentian Basic Plan di luar ketiga negara tersebut.

Mulai Sebarkan Notifikasi

Dilansir dari The Verge Selasa (2/7) lalu, seorang pengguna Reddit melaporkan notifikasi di aplikasi Netflix mereka yang menyatakan, "Hari terakhir untuk menonton Netflix Anda adalah tanggal 13 Juli. Pilih rencana baru untuk terus menonton."

Pelanggan Basic Plan, yang berharga $11.99 dolar AS, akan diminta untuk mengalih ke paket beriklan (US$6.99), paket Standard (US$15.49), atau paket Premium dengan dukungan video 4K (US$22.99).

Paket Beriklan Lebih Menguntungkan

Seperti banyak platform streaming lainnya, Netflix sepertinya mendorong pengguna untuk beralih ke langganan beriklan.

Melansir laporan Tom's Guide, Netflix menemukan bahwa paket langganan beriklan meraup lebih banyak keuntungan daripada paket tanpa iklan. Paket langganan tersebut juga terbilang sukses, dengan 40 juta pelanggan per Mei 2024.

Tahun lalu, Netflix telah menghentikan penawaran Basic Plan bagi anggota baru atau yang kembali berlangganan di AS, Kanada, dan Inggris.