Pilihan warna dari OnePlus Nord 4. (Foto: OnePlus via GSMArena)

OnePlus Resmi Luncurkan Nord 4, Usung Snapdragon 7+ Gen 3

Teknologi 17 Jul 2024

Setelah berbagai rumor dan spekulasi tentang penerus dari lini ponsel menengah mereka, pabrikan asal Tiongkok, OnePlus, resmi meluncurkan seri ponsel terbaru mereka, OnePlus Nord 4 pada event OnePlus Summer Launch di Milan yang berlangsung pada Selasa (16/07) kemarin.

Melansir dari laman Forbes, selain meluncurkan seri OnePlus Pad 2 di ajang tersebut, mereka juga merilis seri OnePlus Nord 4 yang dipasarkan sebagai “ponsel 5G pertama dengan bodi yang seluruhnya terbuat dari logam,” menggunakan frame unibodi berbahan metal di sekujur ponsel ini.

Spesifikasi dan Desain

Ponsel yang membidik pasar menengah ini memiliki banyak pilihan desain yang menarik, dengan dibekali layar 6,74 inci AMOLED beresolusi 1.5K dan refresh rate 120Hz serta bodi logam super ramping 7,99 mm yang dibuat dari satu bagian aluminium.

Dengan bahasa desain yang mengambil era pendahulunya, OnePlus 3T, desain tersebut membantu membentuk Nord 4 dengan antena 5G yang ringkas dan motherboard yang didesain ulang untuk memastikan sinyal yang kuat dan jernih tanpa mengorbankan bodi logam.

OnePlus Nord 4. (Foto: OnePlus via HowToGeek)

Sedangkan untuk jeroannya, OnePlus Nord 4 ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 3, yang secara signifikan meningkatkan kinerja dibandingkan pendahulunya, Nord 3 spek tersebut ditandemkan dengan pilihan RAM 8, 12 atau 16GB serta penyimpanan 256/512GB berteknologi UFS 3.1/4.0, tergantung dari pilihan penyimpanan.

Ponsel ini juga memiliki baterai terbesar dalam seri Nord, dengan kapasitas 5.500mAh yang besar serta pengisian daya SUPERVOOC 100W. Hal ini memungkinkan ponsel untuk mengisi daya dari 1% hingga 100% hanya dalam 28 menit saat menggunakan kabel dan power brick yang sesuai. Baterai yang didukung oleh Battery Health Engine OnePlus, dikatakan menggunakan AI untuk mengelola dan mempertahankan kapasitas sel internalnya dari waktu ke waktu.

Kamera OnePlus Nord 4. (Foto: Forbes)

Sayonara Kamera Makro, Halo Fitur AI

Hampir semua smartphone 2024 hadir dengan “fitur AI”, tidak terkecuali OnePlus Nord 4. OnePlus mengklaim bahwa fitur AI Linkboost-nya akan membantu pengguna terhubung kembali ke jaringan seluler Anda “lebih cepat dari sebelumnya,” sementara Anda juga mendapatkan fitur AI Note Summary, Audio Summary, hingga Text Translator.

Perbedaan terbesar dari Nord 4 dan pendahulunya ialah pada sektor kamera, dengan OnePlus yang menghilangkan kamera makro dan memilih konfigurasi ultrawide dengan sensor kamera utama Sony LYT-600 beresolusi 50MP yang dibekali OIS, serta kamera ultrawide 8MP.

Banderol Harga dan Pasar

OnePlus telah membuka keran pemesanan seri Nord 4, dengan banderol harga mulai dari €499 (sekitar Rp8,8 Juta) untuk versi 12/256 GB, sedangkan opsi 16/512 GB dibanderol dengan harga €599 (sekitar Rp10,56 Juta).

Bagi pembeli yang melakukan pemesanan awal akan mendapatkan earphone Nord Buds 3 Pro TWS gratis dan potongan harga sebesar €50 jika memilih versi penyimpanan yang lebih besar. Penjualan terbuka dimulai pada 8 Agustus.

Bundling headphone TWS bagi pembeli yang memilih varian tertinggi. (Foto: OnePlus via Forbes)

Di India, pre-order dibuka pada 20 Juli dengan penjualan terbuka dimulai pada 2 Agustus. Periode pre-order akan menawarkan varian 8/256 GB seharga INR32.999 (sekitar Rp6,37 Juta), sedangkan opsi 12/256 GB dibanderol dengan harga INR35.999 (sekitar Rp6,95 Juta).

OnePlus juga akan menjual varian terendah dengan konfigurasi 8/128 GB setelah penjualan resmi dimulai dengan banderol harga INR29.999 (sekitar Rp5,79 Juta).

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.