Pengamat Apple Spekulasi Robot Meja dengan Apple Intelligence

Apple dirumorkan telah bereksperimen dengan dunia robotik sejak meninggalkan proyek mobil listrik akhir Februari lalu.

Meskipun Apple belum umumkan apapun secara resmi, sudah ada banyak spekulasi mengenai robot buatan Apple, termasuk dari jurnalis dan pengamat Apple, Mark Gurman.

Gurman: "Tunggu Perkenalan Robot Meja"

Minggu (7/7) lalu, melalui newsletter "Power On", Gurman berikan tanda bahwa sebuah robot meja (desktop) dengan Apple Intelligence bukanlah tidak mungkin.

"Siapapun yang ingin menggunakan fitur [Apple Intelligence] di perangkat rumah Apple...harus menunggu sampai perusahaan tersebut memperkenalkan robot meja bertenaga AI, sesuatu yang telah saya laporkan selama beberapa bulan," menurut tulisan Gurman yang diunggah ke Bloomberg.

Percobaan Apple di Dunia Robotik

Sejak bulan April, Gurman telah menulis beberapa spekulasi mengenai produk robot Apple, dari robot asisten rumah sampai robot meja.

"Apple telah berupaya untuk membuat robot seperti Amazon Astro yang dapat mengikuti pengguna di sekitar rumah dan membantu menangani pekerjaan rumah," menurut Gurman mengutip Bloomberg, April lalu. "Para eksekutif di perusahaan tersebut bahkan telah membahas prospek robot humanoid."

Gurman juga sempat membahas pengembangan robot meja dalam artikel tersebut. "Perombakan Siri yang sedang berlangsung mungkin merupakan inti dari robot meja Apple di masa depan, yang pada dasarnya adalah layar iPad besar yang dapat bergerak meniru gerakan kepala manusia," tulisnya. "Perangkat tersebut sebagian besar akan dikontrol melalui suara — versi Siri yang lebih tepat dan canggih akan sangat berharga."

Apa Itu Apple Intelligence?

Apple Intelligence resmi diumumkan melalui acara WWDC 2024 Juni lalu. Fitur tersebut didukung di beberapa lini produk terkini, seperti iPhone 15 Pro serta MacBook, iPad, dan iMac M1 dan seterusnya.

Karena kebutuhan pemrosesan yang sangat besar, perangkat rumah Apple yang tersedia seperti HomePod sudah dipastikan tidak dapat mendukung Apple Intelligence. Karena itu, implementasi Apple Intelligence dalam perangkat rumah yang baru sudah dinantikan para penggemar Apple.