Moondrop Joker, Sumber: Istimewa

[Review] Moondrop Joker, 1jutaan, Pas untuk Monitoring

Review 24 Jul 2024

Hello, kembali lagi, di sesi review sebuah produk, khususnya untuk audiophile. Kali ini kami kebagian untuk mengulas sebuah produk audiophile dari Moondrop, brand yang terkenal dengan waifunya, Mitsukiyuki.

Kali ini Moondrop mengeluarkan varian headphone termurahnya yang berada di harga sekitar 1,2juta rupiah untuk harga barunya. Menggunakan composite diaphragm, dan digadang-gadang untuk profesional monitoring untuk brandingnya. Namun apakah benar brandingnya serupa dengan apa yang kami dapatkan pada produknya? mari kita bahas.

Box Waifu, Waifu, dan Waifu

Box Moondrop Joker, Sumber: Istimewa

Box berbalut waifu sudah tidak asing untuk brand Moondrop, yakni yang terkenal dengan waifunya yang bernama Mitsukiyuki. Di boxnya digambarkan seorang Mitsukiyuki yang sedang merekam suara menggunakan monitoring Moondrop Joker. Dibalik box dikasih diagram frekuensi Moondrop Joker dan spesifikasinya.

Di dalamnya akan ada sebuah Moondrop Joker yang dibalut kain bak produk mewah.

Kabel braided Moondrop Joker, Sumber: Istimewa

Kabelnya berbalut braided dan cukup solid tetapi agak mikrofonik dan sedikit mudah kusut menurut kami. Bisa dibilang kami cukup menyukai kabel seperti ini. BTW kabelnya berujung 3,5mm untuk menyambung ke headphonenya dan disediakan opsi 4mm untu output.

Build Quality yang Terkesan Biasa Saja tetapi Comfortable

Build quality terkesan agak murahan dengan facing cover brush metal dan disepinggirnya terkesan dari plastik yang dicat hitam. Entah apakah suatu saat cat ini akan ngelotok khas Moondrop atau brand satu ini sudah berbenah memperbaiki ciri khasnya tersebut. Diameternya cukup besar dan tidak menjepit sangat menjepti kepala saya yang ukurannya agak besar, jadi untuk yang kepalanya kecil, coba pikir kembali untuk membeli barang satu ini.

Headbandnya terbuat dari semi karet dan kain yang kalau bisa saya bilang empuk tapi gampang berserabut alias ngelotok. Kalian bisa beli spare headbandnya jika sudah terkelupas dengan kode EP50A. Kainnya cukup empuk di kepala dan tidak mengganggu.

Impresi Suara, Analitikal Khas Monitoring

Suaranya cukup shouty dan agak menusuk bagian treblenya di kuping kami. Kami merasa sub-bassnya biasa saja dan cenderung memacu mid-bassnya. Suaranya cukup analitikal berasa dekat dengan vocalnya. Bright tapi agak nusuk. Separasinya cukup oke saja, dan sound stagenya luas,

Bisa dibilang sesuai dengan brandingnya, headphone ini cocok untuk monitoring dan mixing lagu.

Kesimpulan

Di harganya yang gk nyampe 2 juta, Moondrop mampu menawarkan headphone khsusus monitoring yang baik di harganya. Jarang ada brand yang ngasih kualitas audio yang serupa di harga yang diberi oleh Moondrop. Apalagi kamu akan mendapatkan waifu yang cantik, cantik, dan cantik jika membelinya. Kurang apalagi coba brand ini untuk wibu?

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Suka fotografi dan gambar anime, gaming tipis-tipis