Archax, robot besutan startup asal Jepang, Tsubame Industries

Robot Kemudi Besutan Startup Jepang, “ARCHAX", Dilelang di Platform Lelang Mobil Premium

Teknologi 11 Jul 2024

Mengemudikan robot raksasa nampaknya masih menjadi mimpi sebagian besar orang, terutama bagi MedForians penggemar manga dan anime.

Namun, mimpi tersebut nampaknya akan menjadi kenyataan bagi salah satu startup asal Jepang, Tsubame Industries.

Logo Tsubame Industries

Semenjak mengumumkan robot raksasa buatan mereka pada September 2023 lalu, robot yang diberi nama "ARCHAX" ini hanya dibuat sekitar 5 unit saja, dengan banderol harga yang cukup fantastis, yakni ¥400 Juta (sekitar Rp42 Miliar, kurs Yen Agustus 2023).

Sekilas Tentang Robot Archax

Robot ARCHAX ini memiliki tinggi 4,5 meter serta dibekali dengan 26 sendi yang dapat dikendalikan dari ruang kemudi.

Dengan letak kokpit pada bagian dada, pilot dapat merasakan pengalaman seperti dalam karakter anime bergenre mecha yang cukup populer di Jepang, yakni serial "Mobile Suit Gundam".

Robot ARCHAX ini juga dapat berlari hingga kecepatan 10 km/jam, berkat baterai listrik yang menjadi sumber tenaga dari robot tersebut.

Mulai Dilelang di Platform Lelang Supercar Blondie

Sebagai model terbatas yang hanya diproduksi sebanyak 5 unit, robot berawak canggih, "Archax" ini akan mulai dilelang oleh Tsubame Industries melalui platform lelang global SBX Cars milik Youtuber Supercar Blondie.

Robot Archax yang dilelang di platform lelang milik Youtuber Supercar Blondie

Lelang ini memberikan kesempatan bagi para penggemar teknologi dan robotika untuk memiliki satu dari lima unit eksklusif yang akan diproduksi.

Pelelangan robot berawak Archax ini akan berlangsung dari Kamis, 4 Juli 2024 pukul 23.00 WIB hingga Jumat, 19 Juli 2024 pukul 08.00 WIB.

Sebagai pionir dari pasar robot berawak, robot ARCHAX besutan Tsubame Industries ini mengintegrasikan berbagai budaya Jepang seperti "Automobile" (mobil) , "Robotics" (robot), "Animation" (animasi) , "Game" (gim), "Heavy Machinery" (permesinan), serta "Contemporary Art" (seni kontemporer).

ARCHAX ini menargetkan pasar luxury, dengan konsumen utama yang memiliki berbagai perangkat mewah, seperti mobil mewah hingga pesawat jet pribadi, dengan pengiriman robot mewah ini dijadwalkan akan tiba di rumah pelanggan kurang lebih satu tahun sejak pemesanan.

Sumber : Press Release

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.