Nio Onvo L60, model terbaru dari sub-brand milik NIO, Onvo. (Foto: Onvo)

Rumor Tentang NIO ONVO L60 Versi Standar Terkuak, Ini Spesifikasinya!

Otomotif 13 Jul 2024

Setelah mengumumkan sub-brand mereka sekaligus memboyong model terbaru pada Mei lalu, kali ini muncul rumor spesifikasi model kendaraan listrik terbaru dari sub-brand perusahaan mobil listrik asal Tiongkok, NIO.

Model yang diberi nama NIO ONVO L60 ini merupakan model pertama dari anak perusahaan NIO, yakni Onvo, yang telah membuka keran pemesanan sejak Mei 2024.

Rumor Spesifikasi

Rumor spesifikasi dari trim standar NIO Onvo L60 ini muncul dari Departemen Industri dan Informasi Tiongkok (MIIT), dimana saat perilisannya, model L60 ini nantinya akan dibekali dengan baterai berkapasitas 60,6 kWh, jauh meleset dari perkiraan awal dengan baterai 90 kWh, mengutip dari CarNewsChina pada Rabu (10/07) lalu.

Dengan kapasitas baterai tersebut, Onvo L60 diklaim dapat melaju hingga jarak 525 hingga 555 km menurut metode CLTC untuk versi motor tunggal, dan 501 hingga 525 km untuk versi motor ganda dengan penggerak AWD, dari target sebelumnya yakni 730 km dengan baterai 90 kWh-nya.

https://carnewschina.com/wp-content/uploads/2024/07/1400x0_1_q95_autohomecar__ChxoHWZG_eeAYk7NAAW2PdVEhiM756.jpg
Tampak belakang dari NIO Onvo L60. (Foto: Onvo)

Baterai tersebut nantinya menggunakan baterai Blade milik BYD, berteknologi Lithium Iron Phosphate (LiFePo) berbobot 439 kilogram. Baterai tersebut disuplai oleh FinDreams, anak perusahaan milik BYD.

Pembeli nantinya dapat mengambil skema penyewaan baterai (BaaS) secara terpisah, dengan benefit utama penggantian baterai secara langsung (battery swap) di beberapa stasiun penggantian milik NIO.

Dibekali Bentuk Aerodinamis

Meski dibekali baterai yang lebih kecil, NIO mengklaim Onvo L60 akan memiliki efisiensi daya yang cukup fantastis untuk mobil listrik, yakni hingga 12,1 kWh per 100 kilometer.

Angka konsumsi energi yang rendah tersebut dibantu oleh koefisien hambatan Cd 0,229 yang lebih baik dari Cd 0,236 milik Tesla Model Y, dengan menggabungkan fitur-fitur seperti roda dengan tarikan rendah dan gagang pintu yang tersembunyi. Garis desain Onvo L60 yang aerodinamis tersebut dirancang langsung oleh mantan desainer Bentley, Raul Pires.

Masuk ke bagian interior, tarikan desain milik Onvo L60 mengambil desain dari Tesla Model Y, menampilkan estetika minimalis dengan sorotan utama yakni satu layar pusat untuk semua kontrol dan informasi. Tidak seperti model Nio lainnya, layar L60 berorientasi horizontal.

https://carnewschina.com/wp-content/uploads/2024/07/2024062608111827.jpg
Interior Nio Onvo L60. (Foto: CarNewsChina)

Harga dan Ketersediaan

Seperti yang telah dibahas diatas, keran preorder dari Onvo L60 yang menyasar pasar mainstream ini telah dimulai pada bulan Mei dengan banderol harga mulai dari RMB ¥219,900 (sekitar Rp488 Juta), serta estimasi pengiriman dan peluncuran pada bulan September mendatang.

Dengan kapasitas baterai Onvo L60 yang terbatas mungkin menjadi halangan bagi sebagian orang, harganya yang kompetitif, efisiensi energi, dan desainnya yang modern membuatnya menjadi pesaing yang menarik di pasar mobil listrik yang terus berkembang.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.