GEM TV Asia (Facebook/GEM TV Asia).

Setelah 10 Tahun Berjalan, GEM TV Asia Tutup Operasional Awal Agustus 2024

Media 23 Jul 2024

Sejak tahun 2014 silam, GEM TV Asia telah menayangkan banyak acara televisi asal Jepang, seperti variety show dan dorama, untuk daerah Asia Tenggara dan Hong Kong.

Namun sayangnya pada Senin (22/7) lalu, perusahaan media asal Vietnam tersebut mengumumkan bahwa mereka akan menutup operasional saluran TV melalui laman Facebook.

"Kami umumkan dengan menyesal bahwa GEM akan menutup siaran linear efektif per tanggal 1 Agustus 2024," tulis pengumuman tersebut. "Dukungan Anda terhadap program kami telah menyentuh hati kami. Terima kasih telah menjadi bagian dari Keluarga GEM!"

GEM TV Asia belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai alasan pemberhentian operasional saluran TV kabelnya. Namun, rumor yang beredar menyebutkan bahwa penutupan ini disebabkan menurunnya permintaan konten siaran dari Jepang, termasuk Indonesia.

Penonton Kecewa

Pengumuman tersebut mengundang komentar kekecewaan dari penggemar acara TV Jepang.

"Ini sangat menyedihkan... GEM adalah satu-satunya alasan mengapa saya berlangganan layanan TV kabel," tulis salah satu pengguna Facebook.

"Saya menjadi penggemar acara Jepang karena GEM. Saya jatuh cinta dengan acara "Hyokko/Bloom" yang dibintangi Kasumi Arimura saat tayang, dan ketagihan dengan "Please Charge My Motorbike" karya Degawa-san. Terima kasih atas hiburannya khususnya di masa pandemi. Ja mata ne," tulis pengguna lainnya.

"Sekarang kami tidak mempunyai saluran TV Jepang kecuali NHK di layanan TV kabel... Semua mata tertuju pada acara Korea, saya sangat terluka," komentar pengguna ketiga.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.