Mobil listrik terbaru VW, VW ID.UNYX (Foto: VW)

VW Rilis SUV Elektrik Terbaru ID.UNYX untuk Pasar Tiongkok

Otomotif 1 Jul 2024

Di tengah lesunya pasar mobil berbasis elektrik, serta gempuran mobil elektrik dari pabrikan asal Tiongkok, salah satu pabrikan otomotif asal Eropa, VW nampaknya belum menyerah dengan meluncurkan model terbaru mereka untuk pasar Tiongkok.

Melansir dari ArenaEV pada Sabtu (29/6), SUV kompak terbaru dari VW, bernama ID.UNYX yang dalam bahasa Mandarin dinamai "Yu Zhong", kabarnya akan diproduksi di Tiongkok bersama saudaranya, Cupra Tavascan yang telah diproduksi sejak Desember 2023 lalu.

Debut Emblem Baru VW

Menjadi model perdana dalam lini mobil "ID.UX" besutan VW, ID.UNYX ini menjanjikan "setiap momen menjadi berharga" – dengan debut logo VW berwarna emas yang menjadi simbol komitmen perusahaan untuk terus berinovasi dan unggul dalam segmen kendaraan elektrik.

Sebelumnya, emblem berwarna emas ini telah digunakan pada saudaranya, Cupra Tavascan, dengan aksen emas pada logo Cupra yang menjadi seri performa dari grup VW.

Spesifikasi ID.UNYX

Pada debutnya di Beijing Auto Show 2024 yang berlangsung pada 25 April hingga 4 Mei silam, mobil SUV kompak dari VW ini mengusung desain fastback coupe.

Dengan desain belakang yang unik serta integrasi spoiler belakang, lampu, serta lampu rem menjadi satu, dengan logo VW di bagian tengah dan pelek berukuran 21 inci membuat tampilan SUV ini kian sporti.

Urusan dapur pacu, SUV ini dibekali dua pilihan penggerak, dengan pilihan pertama berpenggerak RWD bertenaga 228 dk, serta versi AWD dengan motor listrik ganda bertenaga 335 dk.

Kedua penggerak tersebut dipasangkan dengan baterai Li-ion 82.4 kWh dari CATL, yang dapat membawa SUV ini melaju hingga sejauh 621 km.

Seri ID.UNYX dari Volkswagen ini berharap dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pasar mobil listrik di Tiongkok.

Dengan desainnya yang mencolok, performa yang mengesankan, dan kemampuan jarak jauh, mobil ini merupakan pesaing kuat di segmen SUV listrik yang berkembang pesat.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.