Visual gim. Foto: Stevivor

Animal Crossing: Pocket Camp akan Tutup, Digantikan Versi Offline

Gaming 23 Agt 2024

Nintendo menginfokan pada Senin (19/8) lalu, bahwa smartphone game Animal Crossing: Pocket Camp akan mengakhiri layanan pada 29 November 2024 pukul 12:00 JST (10:00 EST).

Dilansir melalui ANN dan IGN SEA, perusahaan berencana merilis aplikasi berbayar offline dengan biaya tetap sehingga player dapat mentransfer data simpanan mereka setelah layanan gim original berakhir.

Beberapa fitur yang memerlukan koneksi online berkelanjutan, seperti Market Boxes dan mengunjungi tempat perkemahan lainnya, tidak akan tersedia di aplikasi berbayar offline.

In-game currency, Leaf Tickets, juga tidak akan tersedia. Nintendo akan mengumumkan informasi lebih lanjut sekitar Oktober 2024.

Penjualan Leaf Tickets akan dihentikan pada 27 November pukul 1:00 pagi EST, dan player dapat menukarkan Leaf Tickets hingga 28 November pukul 10:00 EDT.

Player tidak akan dapat mendaftar keanggotaan Pocket Camp Club baru setelah maintenance aplikasi pada 28 Oktober 2024, dan perpanjangan otomatis akan berakhir untuk semua paket keanggotaan.

Namun, player akan menerima lencana sesuai dengan paket yang mereka ikuti, yang memungkinkan untuk terus menggunakan fitur paket masing-masing.

Player harus menautkan Akun Nintendo mereka ke gim untuk mentransfer data ke aplikasi berbayar baru.

Animal Crossing: Pocket Camp tersedia di seluruh dunia pada November 2017. Judulnya adalah gim gratis untuk dimainkan (dengan in-game transactions). Gim ini memungkinkan pemain untuk membuat dan menyesuaikan tampilan avatar in-game mereka sendiri.

Gim ini berjalan secara real-time, dengan waktu yang dilacak, in-game events, dan item in-game terjadwal untuk liburan dan tanggal khusus lainnya.

Player ditugaskan membangun tempat perkemahan, atraksi, fasilitas, dan mengisi tempat perkemahan dengan barang dan fasilitas yang lebih baik. Gim ini memiliki lokasi yang berisi bahan berbeda untuk dipanen, serta hewan untuk diperdagangkan dan membeli barang.

Material kemudian dapat diberikan kepada karakter Cyrus untuk membangun item dan fasilitas. Player juga dapat membeli item dari toko in-game. Membangun fasilitasnya membutuhkan waktu.

Gim ini memiliki mata uang dalam game yang disebut Leaf Tickets — diperoleh dengan menyelesaikan tugas, atau dibeli dengan uang sungguhan.

Leaf Tickets dapat digunakan sebagai pengganti material, atau mengakses item untuk segera memperoleh ikan, serangga, atau mineral, dan mempercepat pembangunan. Player dapat bertukar nomor ID satu sama lain untuk membeli item dan mengunjungi perkemahan mereka.

Animal Crossing: New Horizons adalah entri terbaru dalam franchise Animal Crossing dan gim pertama dalam seri ini untuk Nintendo Switch. Awalnya dijadwalkan untuk dirilis pada 2019, namun ditunda hingga Maret 2020 karena pandemi.

Animal Crossing: New Horizons terjual 1,88 juta kopi di Jepang dalam tiga hari pertama, jumlah penjualan minggu pertama tertinggi yang pernah ada untuk gim Switch di Jepang.

Gim ini menerima pembaruan besar gratis terakhirnya pada November 2021, bersamaan dengan pembaruan DLC berbayar. Pada 30 Juni 2024, terhitung telah terjual 45,85 juta kopi di seluruh dunia.

Nintendo mendapatkan hasil yang beragam dari upaya smartphone gamenya, meliputi Super Mario Run, Mario Kart Tour, dan Pikmin Bloom. Pada 2020, Nintendo dikabarkan akan mundur dari pasar smartphone game. Namun, ada juga smartphone gamenya yang sukses, seperti Pokémon Go.

Tag