Diduga Ambil Suara Cover Gitar di TikTok, Chelsea JKT48 Minta Maaf

Chelsea Davina, anggota JKT48 Generasi 11, menjadi viral karena diduga mengambil sound asli cover seorang TikToker dan mengklaim cover tersebut adalah buatannya.

Dugaan tersebut datang dari seorang pengguna X yang mengaku sebagai teman TikToker yang merupakan pemilik sound tersebut.

Menjawab isu tersebut, Chelsea unggah pernyataan maaf melalui akun X (Twitter) resminya, @DC_ChelseaJKT48, Sabtu (10/8) sore.

"Mohon maaf aku sudah menggunakan video-video tersebut tanpa ijin," tulis Chelsea. "Ke depannya aku tidak akan mengulangi hal serupa lagi, dan aku akan berlatih untuk dapat membuat konten yang lebih baik".

Kronologi

Sabtu (10/8) pagi, seorang pengguna X, @capekbgtakutu, mengunggah video Chelsea dan seorang TikToker-gitaris dalam satu cuitan.

Ia menulis bahwa Chelsea mengambil sound temannya, dengan nama Viki atau @vikiiwq di TikTok, serta mempermasalahkan klaim Chelsea di deskripsi video bahwa ia "ngulik" sendiri, alias membuat cover dengan usaha sendiri.

Lagu yang dicover Viki adalah "Rapsodi", lagu orisinal pertama JKT48.

@vikiiwq

Membalas @??? akhirnya ki begitu😅 #jkt48 #rapsodi #guitarcover #guitarlesson #guitarhero #guitarplayer #guitartutorials #fypシ #tab #basscoversongs #instrumentalgitar #easyguitartutorialsforbeginners #EasyGuitarTutorial

♬ suara asli - vikiii - vikiii

Per 11 Agustus, cuitan yang memuat video Chelsea telah dihapus sesuai janji pengguna X tersebut bahwa ia akan hapus tuduhan tersebut saat Chelsea sudah meminta maaf. "Berhubung Chelsea sudah minta maaf dan klarifikasi, aku izin takedown thread ku ya, terimakasih Chelsea sudah klarifikasi," tulis pengguna tersebut, Sabtu (10/8).

Chelsea juga telah menghapus video cover yang berkaitan dengan isu tersebut.