Kuroinu 2 Redux, salah satu game yang dihapus dari Denpasoft | Foto: Shiravune via Steam

Dipaksa Oleh Bank, Platform Game Denpasoft Menghapus Beberapa Game Dari Peredaran

Gaming 2 Agt 2024

Pada Selasa (2/8), platform penjualan game yang berfokus pada visual novel Denpasoft mengumumkan bahwa mereka harus menghapus beberapa game dari peredaran karena paksaan dari bank.

Dalam sebuah artikel pernyataan yang dipublikasikan di situs resmi Denpasoft, platform yang merupakan bagian dari perusahaan Sekai Project tersebut mengungkap bahwa bank yang bekerja sama dengan Denpasoft mengontak mereka untuk menghapus beberapa game yang telah mereka terbitkan berdasarkan kriteria yang bank tersebut telah tandai.

Tidak hanya judul yang dipublikasikan oleh Denpasoft saja, penghapusan ini juga berpengaruh pada game-game yang dipublikasikan oleh publisher lain di platform Denpasoft. Daftar judul yang yang telah dihapus adalah sebagai berikut:

Denpasoft
Childhood Friends with Benefits

Kagura Games
Slave's Sword
Slave's Sword 2
Sonia and the Hypnotic City
Trapped on Monster Island

Medibang
Cyborpunk Crisis
Dark Side Fantasy EP1 & EP2
Golden Legend ~ Harald Quest ~
Knight Slave -The Dark Valkyrie of Depravity-
LONGING RING OF ESCA
SODOM-R
Submission of Super Cute Girls

Shiravune
Holy Paladin Cynthia
Holy Slave Academy
KuroInu 2 Redux
Revenge of the Orcs Flag of Big Green Cock

Untuk saat ini, game-game yang telah dihapus tersebut tidak dapat dibeli dan diunduh bahkan untuk pengguna yang telah membelinya sebelumnya. Denpasoft menyebutkan bahwa mereka tidak mempunyai estimasi waktu kapan masalah ini dapat diselesaikan.

Denpasoft juga mengumumkan bahwa ada kemungkinan kalau akan ada lebih banyak judul yang akan dihapus, dan mereka akan memberi tahu para pengguna jika hal tersebut terjadi. Dalam pernyataan tersebut, Denpasoft meminta maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan.

Denpasoft juga mengekspresikan kefrustrasian mereka melalui platform media sosial X (lebih dikenal sebagai Twitter).

Ingat waktu kami dihapus dari Shopify beberapa tahun lalu? Dan kami dipaksa untuk pindah ke hosting mandiri? Meskipun kami menghosting platform kami sendiri, kami tetap dipaksa untuk menghapus produk dari penjualan karena masalah konten. Detil lebih lanjut dapat ditemukan di post blog kami.

Kasus yang kini dihadapi oleh Denpasoft bukanlah pertama kalinya pihak Bank memutuskan untuk memutus kerja sama dengan platform yang menjual media dewasa buatan Jepang.

MasterCard dan Visa di beberapa bulan lalu memutus kerja sama mereka dengan platform doujinshi, game, dan ASMR, DLSite. Baik untuk transaksi media dewasa maupun semua umur.

Kasus ini juga unik, mengingat beberapa game yang telah dihapus dari Denpasoft masih tersedia untuk dibeli di platform Steam yang memiliki regulasi cukup ketat mengenai konten game dewasa terutama yang berasal dari Negeri Sakura.

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Student, writer, nerd.