Steam Deck OLED (Foto: Valve)

Driver Windows Untuk Steam Deck OLED Kini Tersedia!

Teknologi 16 Agt 2024

Salah satu bagian terbaik dari Steam Deck, perangkat gaming handheld besutan Valve adalah filosofinya sebagai perangkat PC yang terbuka, penggunanya bisa melakukan apapun yang bisa dilakukan di sebuah perangkat PC mulai dari memasang program PC, memasang mod untuk game, hingga mengganti sistem operasinya itu sendiri.

Namun saat rilis, Valve belum merilis driver yang dibutuhkan untuk mengganti sistem operasi model terbaru Steam Deck, Steam Deck OLED, ke Windows. Setelah sekian lama, model Steam Deck OLED kini akhirnya mendukung Windows!

Kabar ini disampaikan oleh Valve melalui sebuah pengumuman di akun resmi X (lebih dikenal sebagai Twitter). Valve mengumumkan bahwa driver Windows untuk APU, Audio, Wi-Fi, dan Bluetooth kini sudah tersedia. Dan kamu bisa mengunduh driver yang kamu butuhkan untuk memasang Windows di Steam Deck OLED tersebut di berikut ini:

Steam Support :: Steam Deck - Windows Resources

Valve menyebutkan bahwa untuk saat ini, driver untuk audio Steam Deck OLED hanya mendukung audio via port 3.5 mm atau Bluetooth saja. Dukungan driver untuk speaker Steam Deck OLED itu sendiri masih dikerjakan dan akan diunggah sesegera mungkin.

Dengan menginstall Windows, pengguna Steam Deck OLED dapat memainkan game-game yang tidak dapat dimainkan di SteamOS karena masalah kompatibilitas seperti EA Sports WRC, Fortnite, Destiny 2, dan beberapa game gacha seperti Heaven Burns Red.

Namun perlu diingat bahwa untuk saat ini, pengalaman handheld di perangkat Windows masih kurang dari optimal dan fitur-fitur utama Steam Deck seperti TDP limit dan frame rate limiter tidak tersedia di Windows. Kami menyarankan kamu untuk menginstall Windows di Steam Deck OLED-mu via SD Card, yang memungkinkanmu untuk mengganti sistem operasi Steam Deck dengan mudah.

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Student, writer, nerd.